Punya Lingkungan Kerja Terbaik di Indonesia, Ini Rahasia Bank Mandiri

Kompas.com - 27/10/2018, 08:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -PT Bank Mandiri (Persero) Tbk baru-baru ini masuk dalam 15 besar perusahaan dengan lingkungan kerja terbaik di dunia versi Forbes. Bank Mandiri berada pada peringkat 11 dari 2.000 perusahaan.

Bank Mandiri adalah satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam posisi 15 besar. Dengan demikian, Bank Mandiri bertengger di posisi teratas perusahaan dengan lingkungan kerja terbaik di Indonesia.

Direktur Kepatuhan Bank Mandiri yang membawahi Human Capital Agus Dwi Handaya mengatakan, generasi millenial kini mencakup separuh dari jumlah karyawan Bank Mandiri dan punya banyak potensi. Generasi ini merupakan generasi yang dikenal kreatif, borderless, tech savvy, dan tidak sungkan dalam berpendapat.

Baca juga: 6 Perusahaan Indonesia Masuk Daftar Lingkungan Kerja Terbaik di Dunia

Karakter ini menjadi salah satu kekuatan positif jika dapat dikelola dengan baik.

“Kami terus berupaya meningkatkan pengembangan karyawan baik dari aspek kebahagiaan, kapabilitas, hingga produktivitas. Kami percaya karyawan yang bekerja dengan happy, capable, engaged, dan produktif adalah kunci keberhasilan perseroan dalam jangka panjang. Singkatnya, kami ingin menjadikan karyawan super happy dan super produktif," ujar Agus di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Menurutnya, dalam membangun kebahagiaan dan produktivitas, Bank Mandiri menggunakan pendekatan smell of the place yang artinya mengelola berbagai elemen kerja baik fisikal maupun emosional agar tercipta suasana yang membuat karyawan bahagia dan produktif.

Dengan pendekatan ini, ada empat elemen yang dibangun.

Pertama, role model dan komunikasi. Elemen ini bertujuan membangun komunikasi dan hubungan antara pimpinan dengan atasan serta antar kolega yang lebih egaliter, terbuka dan informal, baik dalam aktivitas kerja sehari-hari maupun acara-acara kebersamaan seperti happy hour, employee gathering, Mandiri Karnaval, Mandiri Volunteer.

“Pimpinan unit juga dilatih untuk bisa ber-storytelling, asking the right question, dan membimbing timnya untuk menemukan purpose dalam bekerja,” jelas Agus.

Kedua, fasilitas dan simbol. Bank Mandiri menyediakan fasilitas dan ruang kerja yang lebih kekinian sesuai selera para milenial, termasuk fasilitas untuk hobi dan seni, olah raga baik indoor maupun outdoor.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.