Punya Lingkungan Kerja Terbaik di Indonesia, Ini Rahasia Bank Mandiri

Kompas.com - 27/10/2018, 08:15 WIB
Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com -PT Bank Mandiri (Persero) Tbk baru-baru ini masuk dalam 15 besar perusahaan dengan lingkungan kerja terbaik di dunia versi Forbes. Bank Mandiri berada pada peringkat 11 dari 2.000 perusahaan.

Bank Mandiri adalah satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam posisi 15 besar. Dengan demikian, Bank Mandiri bertengger di posisi teratas perusahaan dengan lingkungan kerja terbaik di Indonesia.

Direktur Kepatuhan Bank Mandiri yang membawahi Human Capital Agus Dwi Handaya mengatakan, generasi millenial kini mencakup separuh dari jumlah karyawan Bank Mandiri dan punya banyak potensi. Generasi ini merupakan generasi yang dikenal kreatif, borderless, tech savvy, dan tidak sungkan dalam berpendapat.

Baca juga: 6 Perusahaan Indonesia Masuk Daftar Lingkungan Kerja Terbaik di Dunia

Karakter ini menjadi salah satu kekuatan positif jika dapat dikelola dengan baik.

“Kami terus berupaya meningkatkan pengembangan karyawan baik dari aspek kebahagiaan, kapabilitas, hingga produktivitas. Kami percaya karyawan yang bekerja dengan happy, capable, engaged, dan produktif adalah kunci keberhasilan perseroan dalam jangka panjang. Singkatnya, kami ingin menjadikan karyawan super happy dan super produktif," ujar Agus di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Menurutnya, dalam membangun kebahagiaan dan produktivitas, Bank Mandiri menggunakan pendekatan smell of the place yang artinya mengelola berbagai elemen kerja baik fisikal maupun emosional agar tercipta suasana yang membuat karyawan bahagia dan produktif.

Dengan pendekatan ini, ada empat elemen yang dibangun.

Pertama, role model dan komunikasi. Elemen ini bertujuan membangun komunikasi dan hubungan antara pimpinan dengan atasan serta antar kolega yang lebih egaliter, terbuka dan informal, baik dalam aktivitas kerja sehari-hari maupun acara-acara kebersamaan seperti happy hour, employee gathering, Mandiri Karnaval, Mandiri Volunteer.

“Pimpinan unit juga dilatih untuk bisa ber-storytelling, asking the right question, dan membimbing timnya untuk menemukan purpose dalam bekerja,” jelas Agus.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X