Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2017, Kekayaan Para Miliarder Dunia Naik 20 Persen

Kompas.com - 27/10/2018, 08:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com – Total kekayaan para miliarder dunia tercatat tumbuh 8,9 triliun dollar AS sepanjang tahun 2017 lalu. Angka tersebut setara pertumbuhan 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Ini berdasarkan studi yang dirilis oleh UBS dan Pricewaterhouse Coopers (PwC), Jumat (26/10/2018) waktu setempat. Dikutip dari CNBC, Sabtu (27/10/2018), orang-orang superkaya China mendorong tren tersebut.

Pada tahun 2017 lalu, China menambah dua orang miliarder setiap minggunya. Angka pertumbuhan itu melampaui hampir dua kali lipat dibandingkan AS dan Eropa.

Di Asia secara umum, tiga orang miliarder lahir setiap pekan. Selain itu, ada fakta menarik lainnya, yakni jumlah miliarder perempuan tumbuh menjadi 2.158 orang pada tahun 2017.

Angka tersebut tumbuh 9 persen dari 1.979 orang di tahun sebelumnya. Meski perempuan masih menyumbang persentase jumlah miliarder relatif kecil, yakni 11 persen, namun peningkatan tersebut mencerminkan pula pergeseran penciptaan kekayaan.

“(Jumlah miliarder perempuan) bertumbuh,” kata Josef Stadler, head global ultra high-net-worth di UBS.

Stadler mengungkapkan, ada perbedaan mendasar antara miliarder perempuan China dan negara-negara Barat.

“Kita lihat di China adalah miliarder perempuan pengusaha. Sementara di Eropa dan AS lebih banyak perempuan yang mewarisi (kekayaan), namun kemudian terlibat dalam kegiatan kewirausahaan juga,” sebut Stadler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com