Proyek Revitalisasi Kilang Cilacap, Negosiasi Pertamina-Saudi Aramco Segera Rampung

Kompas.com - 29/10/2018, 06:38 WIB
Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati di Jakarta, Senin (3/9/2018). -KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirektur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati di Jakarta, Senin (3/9/2018).

BONTANG, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) memastikan, negosiasi kerja sama proyek revitalisasi kilang minyak Cilacap antara Saudi Aramco dan PT Pertamina (Persero) akan segera rampung.

Perseroan akan melakukan rapat negosiasi langsung dengan manajemen Saudi Aramco pada pekan depan.

"Tetap berjalan (proyeknya). Minggu depan kita akan rapat manajemen dengan Saudi Aramco," ujar Nicke ketika ditemui awak media di sela Rapat Koordinasi BUMN di Bontang, Minggu (28/10/2018) malam.

Adapun saat ini, proyek pembangunan kilang minyak yang digadang-gadang menjadi kilang terbesar di RI tersebut akan memasuki tahap Front End Engineering Design (FEED).

Baca juga: Saudi Aramco Tak Jelas, Pemerintah Minta Pertamina Lanjutkan Proyek Kilang Cilacap

Dia mengatakan, proses tersebutakan memakan waktu selama 6 bulan. Setelah itu, lanjut dia, proyek revitalisasi kilang akan memasuki tahap Engineering, Procurement, and Construction (EPC).

"Kita akan masuk ke tahap FEED. sesudah itu baru tender satu tahun," ujar dia.

Menurut Nicke, proyek revitalisasi kilang minyak tersebut dapat dilakukan mulai pekan depan.

"Ekggak perlu bulan depan, minggu depan juga sudah bisa kok," ujar Nicke.

Sebagai informasi, sebelumnya, Saudi Aramco berjanji menyediakan investasi hingga 6 miliar dollar AS atau setara Rp 87 triliun untuk proyek revitalisasi kilang tersebut.

Meski demikian, beberapa syarat atau permintaan harus dipenuhi RI terlebih dahulu antara lain seperti perolehan insentif dari pemerintah, tax holiday, lahan, dan penyerahan aset ke anak perusahaan nantinya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X