Kompas.com - 29/10/2018, 07:06 WIB
Yang Huiyan the-mni.comYang Huiyan

BEIJING, KOMPAS.com - Sederet nama populer menghiasi daftar orang-orang terkaya di China yang dilaporkan Forbes pekan lalu. Mulai dari Jack Ma sang pendiri Alibaba, Ma Huateng dari Tencent Holdings ataupun Hui Ka Yan yakni bos dari grup Shenzhen.

Dari 10 besar daftar tersebut di peringkat enam ada perempuan yang satu-satunya menerobos dominasi para miliarder pria.

Perempuan itu bernama Yang Huiyan, pengusaha real estate Country Garden Holdings yang baru berusia 37 tahun. Yang memiliki 57 persen saham perusahaan itu dari Ayahnya pada tahun 2007 silam. Ayah Yang sendiri yakni Yeung Kwok Kweung pernah menjadi orang paling kaya di daratan China tahun 2007 versi Forbes.

Dalam laporan Forbes, disebutkan kekayaan Yang mencapai 17,1 miliar dollar AS atau setara Rp 259,9 triliun (kurs Rp 15.200 per dollar AS). Namun, jumlah kekayaannya tahun 2018 ini ini turun sekitar 3 miliar dollar AS jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca juga: Lagi, Jack Ma Jadi Orang Terkaya di China

Tahun lalu Yang pun menduduki peringkat keenam daftar ini dengan kekayaan mencapai 20,7 miliar dollar AS.

Tak hanya bidang properti yang jadi kekuasannya, Yang juga merupakan pimpinan dari Bright Scholar Education Holdings, perusahaan yang memfokuskan diri pada edukasi dimana berhasil mencatatkan namanya di New York Stock Exchange di 2007.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perempuan yang menempuh pendidikan di Ohio State University ini dan masuk daftar salah satu miliarder muda di bawah umur 40 tahun pada tahun 2007 saat usianya masih 25 tahun. Sejak saat itu, namanya kerap naik-turun pada daftar orang-orang kaya di China.

Dengan masuk ke daftar ini, menjadikan Yang Huiyan perempuan paling kaya di Negeri Tirai Bambu versi Forbes 2018.

Sebelumnya, menurut Hurun Richest Woman in China 2018 yang dirilis pada pertengahan September lalu juga mengukuhkan Yang sebagai perempuan terkaya di China selama 6 tahun berturur-turut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.