Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi soal Lion Air Jatuh: Pemerintah Fokus Pencarian Korban

Kompas.com - 29/10/2018, 14:45 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NUSA DUA, KOMPAS.com — Terkait dengan jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang di Tanjung Karawang, Senin (23/10/2018) pagi, Presiden RI Joko Widodo mengatakan sudah memerintah Basarnas, TNI, dan Polri untuk segera melakukan pencarian dan pertolongan kepada korban secepatnya.

“Saya mendapat laporan dari Menteri Perhubungan terkait dengan musibah pesawat Lion Air dari Jakarta-Pangkal Pinang. Pagi tadi, langsung saya memerintahkan kepada kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) yang dibantu oleh TNI dan Polri untuk segera melakukan operasi pencarian dan pertolongan secepat-cepatnya kepada korban,” ucap Jokowi di Nusa Dua, Bali, Senin (29/10/2018).

Jokowi menyebutkan, pihaknya melakukan upaya terbaik untuk menemukan dan menyelamatkan korban.

“Saya terus berdoa dan berharap korban bisa segera ditemukan. Saya merasakan kerisauan yang mendalam dari seluruh keluarga korban. Namun, kita berharap para keluarga korban bisa tenang, menunggu tim SAR yang saat ini bekerja keras di lokasi kejadian,” ujar dia.

Baca juga: Pesawat B737 Max 8 Milik Lion Air Jatuh, Ini Komentar Boeing

Presiden juga memerintahkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk segera melakukan penyelidikan atas peristiwa tersebut.

“Dan segera menyampaikan hasil penyelidikannya secepat-cepatnya,” tutur Jokowi.

Jokowi menambahkan, untuk saat ini pemerintah masih fokus pada pencarian dan penyelamatan korban. Dia menyampaikan permohonan doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia terkait penyelesaian peristiwa ini.

“Saat ini, kita masih fokus pada pencarian dan penyelamatan korban. Mohon doa dan dukungan dari kita semuanya,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com