Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaum Millenial Dominasi Investasi Reksa Dana Online

Kompas.com - 29/10/2018, 17:55 WIB
Reni Susanti,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemahaman investor muda, khususnya kaum milenial terhadap investasi makin baik. Hal itu terlihat dari kepemilikan reksa dana di Bareksa.

"Investor Bareksa didominasi oleh usia muda, yakni antara 25 tahun hingga 35 tahun. Hal itu menunjukkan kaum muda sudah semakin memahami investasi reksa dana, meski sebagian besar masih mencoba-coba," ujar Business Development Bareksa, Adam Nugroho di Bandung, Senin (29/10/2018).

“Setidaknya sudah ada perhatian dari anak-anak muda untuk berinvestasi di reksa dana. Kami sendiri menargetkan mampu meraih investor hingga 400.000 orang hingga tahun 2019 mendatang,” jelasnya.

Adam menjelaskan, investor di perusahaannya kini mencapai sekitar 270.000 orang. Ia optimistis jumlah tersebut terus bertambah, seiring semakin mudahnya berinvestasi reksa dana.

"Bahkan bisa mendaftar melalui aplikasi di handphone dan itu disukai anak muda," ungkapnya.

Bareksa adalah agen penjual efek reksa dana yang menjadi pionir penjualan reksa dana melalui sistem online. Bukalapak melalui aplikasi BukaReksa kini menjadi mitranya.

Bahkan, separuh investor dari Bareksa, merupakan investor pada BukaReksa, produk investasi yang dikeluarkan Bukalapak. Nilai nominal investasi yang ditanamkan pelapak rata-rata mencapai Rp 4 juta per orangnya.

Investment Solution Manager Bukalapak Abdul Hafizh Asri mengatakan, sejak Januari 2017 sudah mulai menggandeng Bareksa untuk mengelola dana BukaReksa dari para pelapak.

“Rupanya pelapak sudah mulai sadar pentingnya investasi di masa mendatang, sekitar 130.000 investor sudah kita miliki,” ujarnya.

Pihaknya menargetkan, hingga akhir tahun, jumlah investor di BukaReksa mencapai 200.000 orang. Seluruh potofolio bisnis investornya nanti akan dikelola manajer investasi di Bareksa.

“Bareksa dan BukaReksa itu dua aplikasi yang berbeda, tetapi kami sama-sama menjadi agen investasi reksa dana secara online. Kebetulan pelapak kami mencapai lebih dari 30 juta, ini sangat potensial untuk meningkatkan jumlah investor,” imbuhnya.

Khusus wilayah Jawa Barat, investor di Bareksa saat ini diperkirakan lebih dari 61.000 atau sekitar 23 persen dari total investor yang ada. Kota Bandung menjadi lokasi investor terbanyak atau diperkirakan mencapai 11.000 orang.

“Jawa Barat menjadi lokasi penting untuk peningkatan jumlah investor reksa dana,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com