Italia-Indonesia Teken Kontrak Dagang 41,6 Juta Dollar AS

Kompas.com - 29/10/2018, 18:51 WIB
Gelaran Trade Expo Indonesia 2018 di ICE BSD, Tangerang, Rabu (24/10/2018). Trade Expo Indonesia merupakan pameran dagang terbesar di Indonesia yang berskala internasional. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAGelaran Trade Expo Indonesia 2018 di ICE BSD, Tangerang, Rabu (24/10/2018). Trade Expo Indonesia merupakan pameran dagang terbesar di Indonesia yang berskala internasional.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalangan usaha asal Italia meneken kontrak dagang di Indonesia senilai 41,6 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 633,1 miliar.

Ini berlangsung saat mereka menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 di BSD City, Tangerang, yang berlangsung pada 24-28 Oktober 2018.

Kepala Perwakilan RI untuk Italia, JS George Lantu, mengatakan sedikitnya ada 25 pengusaha Italia menghadiri TEI 2018. Rombongan pengusaha Italia ini merupakan para mitra Atase Perdagangan KBRI Roma dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan.

"Mereka umumnya bergerak di bidang usaha kertas, furnitur, kerajinan tangan, tekstil, makanan dan minuman olahan, pelumas dan solar. Hingga penyelenggara balap mobil F2, serta investor sumber energi tenaga angin," kata George melalui keterangan resminya kepada Kompas.com, Senin (29/10/2018).

George menyebutkan, jumlah delegasi pebisnis Italia pada TEI 2018 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 11 pengusaha.

Atase Perdagangan KBRI Roma Sumber Sinabutar menyampaikan, transaksi bisnis sebesar 41,6 juta dollar AS dari pengusaha Italia tersebut berasal dari tiga perushaan.

Perusahaan asal Negeri Pizza ini bergerak di bidang usaha kertas dan furnitur, yaitu Nadina Srl dengan mitranya PT Kunindo Pratama Jaya, Asia Palmi Snc dengan Sentana Art Wood, dan APP Italia Srl dengan Indah Kiat Pulp and Paper.

"Penandatanganan dilaksanakan di lokasi pameran dengan disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan RI, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Wakil Kepala Perwakilan RI untuk Italia serta Atase Perdagangan KBRI Roma," jelas Sumber.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Italia Esti Andayani, mengharapkan besarnya minat pengusaha Italia mengembangkan bisnis ke Indonesia dapat dimanfaatkan pengusaha nasional untuk meningkatkan ekspornya.

"Melalui peningkatan produksi yang berkualitas, penciptaan desain yang kreatif serta kemasan yang menarik dan ramah lingkungan," terang Esti.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X