Kompas.com - 29/10/2018, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Lion Air Group telah menerbangkan puluhan orang anggota keluarga korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 Jakarta-Pangkal Pinang.

Pesawat JT-610 terbang pagi ini dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Depati Amir, namun 13 menit setelah mengudara pesawat hilang kontak lalu didapati jatuh di laut sebelah utara Karawang, Jawa Barat.

"Saat ini 90 orang dari pihak keluarga penumpang sudah didatangkan ke Jakarta dari berbagai daerah, di mana disiapkan fasilitas akomodasi atau penginapan serta pusat informasi di hotel Ibis daerah Cawang," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro kepada Kompas.com, Senin (29/10/2018) malam.

Danang menjelaskan, Lion Air memfasilitasi para keluarga korban JT-610 di sana agar dekat degnan posko evakuasi korban di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Setelah mendatangkan 90 anggota keluarga yang pertama, Lion Air juga akan mendatangkan lagi 76 orang keluarga penumpang lainnya malam ini.

Baca juga: Posko Evakuasi Korban Jatuhnya Lion Air Dipusatkan di Bandara Halim Perdanakusuma

Pesawat JT-610 dikomandoi oleh Captain Bhavye Suneja dengan kopilot Harvino dan enam awak kabin atas nama Shintia Melina, Citra Noivita Anggelia, Alviani Hidayatul Solikha, Damayanti Simarmata, Mery Yulianda, dan Deny Maula.

Kapten atau pilot dalam penerbangan ini sudah memiliki pengalaman lebih dari 6.000 jam terbang dan kopilotnya memiliki pengalaman lebih dari 5.000 jam terbang.

Adapun pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pagi ini pukul 06.20 WIB. Namun, 13 menit setelah mengudara, pesawat jatuh di koordinat S 5'49.052" E 107'06.628" atau di sekitar Karawang, Jawa Barat.

Danang mencatat, ada total 178 penumpang dewasa, satu penumpang anak-anak, dan dua penumpang bayi dalam daftar penerbangan tersebut. Adapun dari pramugari yang bertugas, tercatat ada tiga yang sedang dalam pelatihan serta ada satu teknisi.

Terhadap kejadian ini, Lion Air menyatakan sangat prihatin dan mengupayakan yang terbaik untuk pencarian pesawat berikut para korban. Lion Air juga membuka crisis center di nomor telepon 021-80820000 dan untuk informasi penumpang di nomor telepon 021-80820002.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.