Kekayaan Jeff Bezos Hilang Rp 291,8 Triliun dalam Dua Hari

Kompas.com - 30/10/2018, 12:44 WIB
Bos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin Blue OriginBos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin

NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri Amazon Inc Jeff Bezos masih menempati peringkat pertama daftar orang terkaya di dunia. Akan tetapi, kekayaannya merosot dalam beberapa waktu terakhir.

Bahkan, hanya dalam beberapa bulan, kekayaan Bezos semakin dekat dengan kekayaan pendiri Microsoft Bill Gates yang berada di peringkat kedua daftar orang terkaya di dunia.

Dikutip dari Bloomberg, Selasa (30/10/2018), kekayaan Bezos merosot 19,2 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 291,8 triliun dalam dua hari terakhir. Data ini diperoleh berdasarkan Bloomberg Billionaires Index.

Besaran kekayaan Bezos yang hilang tersebut merupakan jumlah terbesar hanya dalam waktu singkat. Hal ini disebabkan maraknya aksi jual di bursa saham AS.

Aksi jual pun merambat ke pasar saham global yang dipicu oleh kekhawatiran meningkatnya ketegangan perdagangan. Namun, rekor besaran kekayaan miliarder yang hilang dalam waktu singkat masih dipegang oleh pendiri Facebook Inc Mark Zuckerberg.

Pada Juli 2018 lalu, kekayaan Zuckerberg merosot 16,5 miliar dollar AS. Ini disebabkan laporan pendapatan dan pertumbuhan pengguna Facebook yang di bawah estimasi.

Saham-saham teknologi memimpin pelemahan saham pada awal pekan ini. Indeks saham Nasdaq Composite Index tercatat merosot ke level terendahnya sejak April 2018.

Saham Amazon anjlok 6,3 persen. Dengan demikian, kekayaan Bezos saat ini mencapai 128,1 miliar dollar AS, turun dibandingkan 167,7 miliar dollar AS pada bulan September 2018 lalu.

Pada hari Senin (29/10/2018) saja, kekayaan Bezos menguap 8,9 miliar dollar AS. Ini merupakan yang terbesar di antara 500 orang terkaya di dunia.

Pada saat yang sama, kekayaan miliarder telekomunikasi Meksiko Carlos Slim merosot 2,5 miliar dollar AS. Sementara itu, kekayaan Gates berkurang 558,3 juta dollar AS menjadi 92,8 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.