Per September, BRI Salurkan KUR Sektor Perikanan Rp 1,5 Triliun

Kompas.com - 31/10/2018, 09:13 WIB
Ilustrasi perikanan BAHANA PATRIA GUPTAIlustrasi perikanan

NUSA DUA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melaporkan, sepanjang Januari hingga September 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat ( KUR) sektor perikanan senilai Rp 1,5 triliun kepada lebih dari 58.000 debitur.

“Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan KUR di sektor perikanan ini karena sangat potensial untuk dikembangkan dengan adanya dukungan sumber daya alam yang melimpah,” ujar Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto dalam keterangan pers, Rabu (31/10/2018).

Sementara secara nasional, per September 2018 BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp 68,5 triliun kepada 3,4 juta debitur di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah telah menargetkan 50 persen porsi penyaluran KUR pada periode tahun 2018 untuk diberikan kepada sektor produktif. Porsi di sektor produktif ini antara lain untuk sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya meningkatkan kapasitas usaha nelayan melalui penambahan modal, baik modal kerja maupun modal investasi.

"Sektor perikanan termasuk sektor produktif yang terus kami dorong pertumbuhannya melalui penyaluran KUR guna menggerakkan roda perekonomian wilayah pesisir," jelas Bambang.

Bulan Juli lalu, perseroan memasang target saluran KUR hingga akhir tahun 2018 mencapai Rp 79,7 triliun. Namun, pada bulan November 2018  BRI optimis bisa merampungkan saluran KUR secara keseluruhan.

Direktur Mikro dan Kecil Bank BRI Priyastomo mengatakan saat itu, jika penyaluran KUR BRI bisa benar-benar rampung pada November maka dapat dipastikan tidak akan ada lagi tambahan dana untuk penyaluran KUR.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X