Kompas.com - 31/10/2018, 21:09 WIB
Direktur Utama PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir di Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (9/6/2016). Iwan SupriyatnaDirektur Utama PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir di Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adaro Energy Tbk mencatatkan laba bersih sebesar 312,7 juta dollar AS atau sekitar Rp 4,75 triliun (kurs Rp 15.200 per dollar AS)  di kuartal III tahun 2018 ini. Angka tersebut lebih rendah 16,04 persen dari 372,45 juta dollar AS atau sekitar Rp 5,67 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, perolehan laba sebelum bunga dan pajak (EBITDA) operasional Adaro tercatat meningkat 5 persen dari periode yang sama tahun lalu menjadi 1,06 juta dollar AS (Rp 16,11 miliar).

"Adaro mencapai hasil yang memuaskan, dengan dukungan kenaikan EBITDA operasional dan laba inti year-over-year sebagai hasil kinerja yang solid di seluruh pilar bisnis perusahaan," ujar Direktur Utama Adaro Garibaldi Thohir dalam keterangan tertulisnya yang diberikan kepada Kompas.com, Rabu (31/10/2018)

Lebih lanjut laporan kinerja kuartal III 2018 Adaro mencatatkan pendapatan usaha yang meningkat 9 persen year-over-year menjadi 2,6 miliar miliar dollar AS dengan harga jual batu bara yang naik 9 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: Adaro Konversi Transaksi Bisnis dari Dollar AS ke Rupiah

Pria yang akrab disapa Boy Thohir pun menyatakan optimismenya terhadap fundamental pasar batu bara dalam jangka pajang.

"Adaro tetap memiliki keyakinan terhadap fundamental pasar batubara di jangka panjang dan terus mengeksekusi prioritas strategis untuk memastikan penciptaan nilai yang berkelanjutan dan di saat yang sama mempertahankan posisi keuangan yang sehat serta menghasilkan laba yang tinggi," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.