KILAS EKONOMI

Dongrak Kinerja Perekonomian, PGN Dukung Pengembangan Kawasan Industri

Kompas.com - 01/11/2018, 21:21 WIB

KOMPAS.com -  PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) berkomitmen untuk memajukan industri nasional seiring dengan pengembangan kawasan industri yang kian masif.

Dukungan itu tak lepas dari telah beroperasi 10 kawasan industri plus tiga tambahan kawasan industri yang akan rampung hingga akhir tahun ini. Lebih baik dari target Kementerian Perindustrian yang ingin membangun 10 kawasan industri baru pada 2019. 

“Tentunya kinerja itu patut diapresiasi, dan sejalan dengan program Nawacita yang diusung pemerintah guna membangun perekonomian nasional yang lebih berkualitas,” ungkap Direktur Keuangan PGN, Said Reza Pahlevi seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Said Reza mengatakan itu di sela-sela acara Seminar Nasional Himpunan Kawasan Industri (HKI) bertema “Mengintegrasikan Pembangunan Infrastruktur Dalam Konsep Pengembangan Kawasan Industri Modern," Kamis (1/11/2018) di Jakarta.

Bukan tanpa alasan pula Said mengatakan itu, menurut dia kehadiran kawasan industri merupakan salah satu syarat untuk mendongkrak kinerja perekonomian nasional.

Ini karena dengan kahadiran kawasan tesebut dapat mengembangkan potensi lokal serta keunggulan komoditas di daerah sehingga bisa merealisasikan pemerataan pembangunan dan mengikis ketimpangan.

Sejalan dengan hal itu, PGN pun ikut ambil peran menyukseskan kinerja kawasan industri. Teranyar, PGN siap menyokong realisasi pembangunan kawasan industri baru di Purwakarta, Jawa Barat.

Terkait hal ini, PGN telah meneken MoU bersama Perum Jasa Tirta dan PT Multi Optimal Sentosa (MOS). Dalam MoU, disebutkan nantinya PGN akan menopang sebagaimana kemampuan dan sumber daya yang dimiliki untuk dipergunakan bagi MOS.

Selanjutnya, MoU akan lebih dimatangkan ke dalam surat perjanjian ataupun dokumen tertulis lainnya. Kelak, perjanjian kerja sama itu akan dijadikan acuan untuk pemanfaatan fasilitas serta skema teknis lainnya.

Baca jugaPGN, BUMN Karya, dan Perumnas Sepakati Penggunaan Jaringan Gas

Sebagai catatan, sepanjang kuartal I tahun 2018, PGN tercatat berhasil menyalurkan volume distribusi sebesar 836 Million Standard Cubic Feet gas per Day (MMSCFD) atau naik sebesar 2 persen dibanding kuartal I tahun 2017. Kenaikan tersebut didorong oleh peningkatan konsumsi gas dari sektor Industri.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.