Buka-bukaan, Investor Bagi 3 Tips Agar "Startup" Raih Pendanaan

Kompas.com - 02/11/2018, 09:09 WIB
Ilustrasi startup Thinkstockphotos.comIlustrasi startup

JAKARTA, KOMPAS.com - Director Operations and Business Development Altira George E. Siregar membagi tipsnya kepada para CEO perusahaan rintisan ( startup) agar bisa mendapat pendanaan dari investor.

Dia mengatakan, dari sudut pandang investor, setidaknya ada tiga hal yang dilihat dari  perusahaan startup.

Potensi startup di Indonesia diniainya akan semakin berkembang. Namun demikian, George berpesan, hal itu harus dibarengi dengan berbagai inovasi yang mesti dikembangkan dari para pelaku.

"Jangan karena melihat Go-Jek sukses, semua ikutan. Jangan melihat Halodoc sukses jadi ikutan. Tiap startup harus punya jalurnya sendiri untuk mewujudkan visinya," papar George kepada Kompas.com, Kamis (1/11/2018).

Berikut ini, George membagi tipsnya untuk para start up agar bisa meraih pendanaan dari para investor dan hal apa saja yang mesti dipersiapkan oleh para pelaku.

1. Produk

George mengungkapkan, perusahaan startup yang paling utama harus memahami kekuatan produknya. Artinya, ada hal unik dan daya kemanfaatan dari produk startup ini kepada masyarakat.

"Kita lihat produk pastinya. Produk itu tidak mesti canggih tapi itu dibutuhkan sama masyarakat. Contohnya dulu Go-Jek, cannggihnya seperti apa coba dulu? Hanya kurir antar awalnya, tapi itu solusi buat masyarakat Jakarta. Makanya bisa berkembang sampai saat ini," ujar George.

Setelah dilihat produk dasarnya, kemudian dilihat bagaimana produk itu ada di masyarakat.

"Sudah ada interaksi atau belum, sudah keluar atau belum, sudah ada nilainya atau belum, sudah ada yang tertarik untuk beli atau belum. Nah, itu juga mempengaruhi," jelas George.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X