Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Tour de Borobudur XVIII 2018 Akan Donasi untuk Korban Gempa Sulteng

Kompas.com - 03/11/2018, 20:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar peserta ikut memeriahkan ajang yang menempuh jarak 200 km tersebut.

"Para peserta tak hanya berasal dari dalam negeri. Pesepeda dari Jerman, Jepang, Australia, Belanda, dan Prancis pun turut mengayuh sepedanya di ajang ini," ujar Direktur Utama BTN Maryono dalam pernyataannya, Sabtu (3/11/2018).

Maryono mengungkapkan, ribuan peserta tersebut terdiri dari beberapa kategori. Kategori A untuk 200 km, kategori B sepanjang 100 km dan kategori VVIP yang akan menempuh jarak antara 35-40 km.

Para peserta berkesempatan menjajal jalur tol baru sepanjang kurang lebih 75 km yang menghubungkan Batang-Semarang, termasuk melalui Jembatan Kalikuto.

"Pada jembatan tol fungsional yang menghubungkan Kabupaten Batang dengan Kabupaten Kendal itu, dilakukan seremoni penanaman 10.000 pohon trembesi yang nanti bakal menghiasi sepanjang jalan tol tersebut," ungkap Maryono.

Adapun rute BTN Tour de Borobudur 2018 yang dilalui yakni Kota Semarang, kemudian melewati Klenteng Sampokong, Goa Kreo, Plantera Kendal, Perkebunan Ngobo, Rawa Pening, dan Kawasan Kopeng. Rute jalan di lereng Gunung Merapi juga bakal dilalui di ajang BTN Tour de Borobudur XVIII tahun ini. 

"Kayuhan sepeda dalam setiap event BTN Tour de Borobudur tidak sekadar untuk mencari keringat. Di samping suguhan keindahan alam di sepanjang etape, para pengayuh sepeda pun terlibat dalam kegiatan sosial berbagi dengan sesama," ungkap Maryono. 

Pada etape kali ini perseroan mengajak para penggowes untuk  memberikan bantuan tiap kilometer jarak yang ditempuh sebagai bagian para peserta BTN Tour de Borobudur XVIII berbagi dengan sesama. 

"Bantuan Corporate Social Responsibilty (CSR) tersebut akan didonasikan untuk membantu para korban di Palu, Sigi, dan Donggala," papar Maryono.

Nilainya akan terlihat pada akhir etape yang akan finish pada hari Minggu (4/11/2018) di pelataran Candi Borobudur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com