Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal III 2018, China Lahirkan 34 Perusahaan "Unicorn"

Kompas.com - 04/11/2018, 07:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

SHANGHAI, KOMPAS.com - Jumlah perusahaan rintisan (startup) yang telah naik kelas menjadi unicorn di China bertambah menjadi 181 pada kuartal III 2018. Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki total kapitalisasi pasar di atas 1 miliar dollar AS.

Dengan demikian, China telah menggeser AS sebagai negara dengan jumlah permodalan perusahaan rintisan terbanyak di dunia. Ini berdasarkan laporan yang dirilis Hurun Report, Jumat (2/11/2018).

Dikutip dari South China Morning Post, Sabtu (4/11/2018), pada kuartal III 2018 saja, China telah melahirkan 34 unicorn. Total kapitalisasi pasar unicorn di China mencapai 4,8 triliun yuan atau sekitar 696 miliar dollar AS.

Baca juga: Menkominfo Jagokan Startup Fintech sebagai Unicorn Berikutnya

Adapun unicorn dengan valuasi terbesar adalah Ant Financial. Huurn Report melaporkan, valuasi Ant Financial tersebut telah jauh melampaui unicorn lainnya asal AS, yakni Uber dan Airbnb.

"China telah melampaui AS untuk menjadi negara dengan jumlah unicorn terbanyak," kata pimpinan dan kepala riset Hurun Report Rupert Hoogewer.

Ia mengungkapkan, sebagian besar unicorn tersebut bergerak di sektor ekonomi baru. Perusahaan-perusahaan unicorn tersebut adalah perusahaan dengan pertumbuhan tercepat dan memiliki potensi yang paling besar untuk tumbuh di tengah ekonomi yang melambat.

Baca juga: Jokowi Dorong Startup Lain Susul Empat Unicorn di Indonesia

Adapun data CB Insights dan Pitchbook melaporkan pada Agustus 2018 bahwa jumlah unicorn di AS mencapai kisaran 133-138 perusahaan.

Sebanyak 20 perusahaan unicorn di China melantai di bursa efek hingga kuartal III 2018. Sementara itu, 3 perusahaan unicorn merger dengan perusahaan-perusahaan lain.

Ketika telah listing atau mencatatkan saham di bursa, maka perusahaan tidak bisa lagi dikategorikan sebagai unicorn.

Ant Financial berada pada peringkat pertama daftar startup China dengan valuasi mencapai 1 triliun yuan. Kemudian disusul oleh Jinri Toutiao, aplikasi agregasi berita yang dimiliki Bytedance Technology, yang tercatat valuasinya 500 miliar yuan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com