Petronas Bantu Keuangan Pemerintah Malaysia

Kompas.com - 04/11/2018, 11:01 WIB
Aparat keamanan Malaysia di depan menara Petronas. AP PHOTOAparat keamanan Malaysia di depan menara Petronas.

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pemerintah Malaysia mengalokasikan dana cadangan Petroliam Nasional Bhd atau Petronas untuk membiayai sejumlah pengembalian pajak senilai hingga 37 miliar ringgit.

Upaya ini dilakukan dengan harapan menggenjot pertumbuhan ekonomi Malaysia yang berasal dari perbaikan arus kas korporasi dan rumah tangga.

Dikutip dari The Star, Minggu (4/11/2018), menurut publikasi Fiscal Outlook and Government Revenue Estimates yang dirilis pemerintah Malaysia, Petronas akan membayar dividen khusus senilai 30 miliar ringgit kepada pemerintah federal. Pembayaran ini dilakukan pada tahun 2019 mendatang.

Pengembalian pajak diestimasikan mencapai kisaran 37 miliar ringgit. Dari angka itu, sebesar 18 miliar ringgit adalah untuk pajak penghasilan dan 19 miliar ringgit untuk pajak barang dan jasa.

Sumber dana untuk membayar dividen khusus tersebut berasal dari akumulasi laba Petronas.

Pemerintah Malaysia memastikan bahwa penggunaan laba tidak akan mengganggu pendanaan kegiatan investasi Petronas. Sebab, dana untuk investasi telah dimasukkan ke dalam rencana belanja modal.

Secara keseluruhan, Petronas diekspektasikan membayar dividen sebesar 54 miliar ringgit kepada pemerintah Malaysia pada tahun 2019. Ini akan meningkatkan penerimaan negara bukan pajak Malaysia secara signifikan tahun depan.

Pemerintah Malaysia mengestimasikan penerimaan negara bukan pajak tumbuh 38,8 persen menjadi 85,7 miliar dollar AS pada tahun 2019. Adapun pada tahun 2018, penerimaan negara bukan pajak ditargetkan mencapai 61,8 miliar ringgit.

 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X