Ini 5 Provinsi dengan Persentase Tingkat Pengangguran Terbesar

Kompas.com - 05/11/2018, 15:35 WIB
Ilustrasi lulusan perguruan tinggi susah cari kerja dan menjadi pengangguran ketika lulus ThinkstockIlustrasi lulusan perguruan tinggi susah cari kerja dan menjadi pengangguran ketika lulus

JAKARTA, KOMPAS.com — Tingkat pengangguran terbuka (TPT) mencapai 7 juta orang pada Agustus 2018, atau 5,34 persen dari angkatan kerja. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, terdapat penurunan 40.000 orang angka pengangguran.

Jumlah angkatan kerja sendiri mencapai 131,01 juta orang pada Agustus 2018, naik 2,95 juta orang dibandingkan Agustus 2017. Sementara penduduk yang bekerja sebanyak 124,01 juta orang, naik 2,99 juta orang dibandingkan Agustus 2017.

Bila dilihat lebih dalam menurut provinsinya, sejumlah provinsi mencatatkan persentase TPT dari angkatan kerjanya yang lebih tinggi dari persentase nasional sebesar 5,34 persen.

Baca juga: BPS: Jumlah Pengangguran Berkurang 40.000 Orang

Berikut 5 provinsi dengan Tingkat Pengangguran Terbuka Terbesar menurut data Badan Pusat Statistik (BPS).

1. Banten

Provinsi Banten menjadi provinsi dengan tingkat pengangguran terbuka terbesar. Berdasarkan data BPS, persentasenya mencapai 8,52 persen.

Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, ada penurunan 0,76 persen poin dari sebelumnya yang mencapai 9,28 persen.

2. Jawa Barat

Tingkat pengangguran di Jawa Barat menempati posisi kedua. Tingkat pengangguran terbuka di Tanah Pasundan itu tercatat 8,17 persen.

Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, tingkat pengangguran Agustus 2018 di Jawa Barat tercatat turun 0,05 persen poin dari sebelumnya yang sebesar 8,22 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X