10 Maskapai Paling Aman di Dunia, 5 dari Asia

Kompas.com - 05/11/2018, 17:59 WIB
Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Air New Zealand.Mirror Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Air New Zealand.

NEW YORK, KOMPAS.com - Laman AirlineRatings.com baru-baru ini merilis daftar maskapai penerbangan paling aman di dunia. Daftar yang dirilis tahunan tersebut menyusun 20 maskapai yang dipandang minim kecelakaan dalam kurun waktu tertentu.

"Dengan perjalanan saat ini membawa penumpang ke setiap sudut dunia, dengan ratusan maskapai yang dapat dipilih dan beragamnya standar dari satu maskapai ke maskapai lainnya, penting bagi penumpang untuk memperoleh informasi yang tepat terkait pemeringkatan keamanan dan produk," kata pemimpin redaksi AirlineRatings.com Geoffrey Thomas seperti dikutip dari Business Insider, Senin (5/11/2018).

AirlineRatings menyeleksi 20 maskapai paling aman dari total 409 maskapai.

Beberapa hal dievaluasi, antara lain kepatuhan terhadap aturan internasional, rekam jejak kefatalan dalam setidaknya 10 tahun terakhir, usia armada, hasil audit keselamatan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), dan apakah negara asal maskapai patuh dengan delapan poin parameter yang telah ditetapkan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Berikut ini adalah 10 maskapai paling aman di dunia versi AirlineRatings.com.

1. Air New Zealand

Maskapai penerbangan Selandia Baru ini berada pada peringkat pertama maskapai terbaik di dunia versi AirlineRatings selama tiga tahun berturut-turut. Maskapai ini belum pernah mengalami insiden signifikan dalam beberapa dekade terakhir.

2. Alaska Airlines

Maskapai yang berpusat di Seattle, AS ini merampungkan akuisisi terhadap Virgin America pada tahun 2016 dengan nilai 2,6 miliar dollar AS. Alaska Airlines belum pernah mengalami kecelakaan fatal sejak tahun 2000 silam.

3. All Nippon Airways (ANA)

Didirikan pada tahun 1954, ANA dikenal karena konsistensi dan layanan kelas tingginya. Pada 2017, Skytrax menempatkan ANA pada posisi ke-6 maskapai terbaik di dunia, di mana maskapai itu belum pernah mengalami kecelakaan fatal dalam lebih dari 45 tahun terakhir.

4. British Airways

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X