Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KNKT Berhasil Unduh Data dari FDR Lion Air JT 610

Kompas.com - 05/11/2018, 18:27 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya telah berhasil mengunduh data yang berada di dalam Flight Data Recorder (FDR) pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

"Di dalam silinder kuning berisi memory chip berisi data-data penerbangan. Kemarin telah berhasil kami unduh dengan baik," ujar Soerjanto di Cawang, Jakarta Timur, Senin (5/11/2018).

Soerjanto menjelaskan, di dalam FDR itu terdapat data-data teknis mengenai pesawat tersebut. Data itu akan digunakan untuk mencari tahu penyebab pesawat tersebut jatuh.

"Jadi di dalam FDR berisi kecepatan pesawat, ketinggian pesawat, putaran temperatur, flight control, kemudi pesawat di kokpit dan bidang-bidang kemudi di pesawat. Itu semua ada datanya," kata Soerjanto.

Soerjanto berharap agar Cockpit Voice Recorder (CVR) dapat segera ditemukan oleh Tim SAR. Data di CVR akan semakin membantu proses investigasi.

"Jika belum ditemukan CVR, dengan data yang ada, kami akan berusaha semaksimal mungkin menemukan penyebabnya," ucap dia.

Sebelumnya, Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi.

Pesawat itu mengangkut 181 penumpang dan 8 awak. Semua penumpang dan awak diduga tewas dalam kecelakaan itu.

Hingga Minggu (4/11/2018), Tim Disaster Victim Identification (DVI) RS Polri Kramatjati telah berhasil mengidentifikasi 14 jenazah yang terdiri dari 3 penumpang perempuan dan 11 penumpang laki-laki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com