Kuartal III-2018, Pemerintah-Parpol Penyumbang Terbesar Belanja Iklan

Kompas.com - 05/11/2018, 19:55 WIB
Ilustrasi iklan shutterstock.comIlustrasi iklan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan belanja iklan sepanjang tumbuh 4 persen pada kuartal III-2018 dibandingkan kuartal yang sama pada 2017. Nilai totalnya mencapai Rp 39 triliun.

Begitu hasil riset terbaru Nielsen, perusahaan riset pengukuran dan analisis data global dalam keterangan resminya yang diterima Kompas.com, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Sepanjang kuartal III-2018, kategori pemerintahan dan partai politik menjadi penyumbang belanja iklan terbesar. Total belanja iklannya Rp 2,9 Triliun, atau tumbuh 40 persen.

Di tempat kedua, ada kategori layanan online dengan total belanja iklan mencapai Rp 2,4 triliun, atau tumbuh 45 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Di tempat ketiga, ada kategori perawatan pambut dengan belanja iklan sebesar Rp 2,1 Triliun. Sementara keempat, disusul oleh kategori rokok kretek dengan belanja iklan mencapai Rp 1,6 triliun.

Adapun di posisi kelima ditempati kategori perawatan wajah dengan total belanja iklan Rp 1,5 triliun, tumbuh tipis 0,2 persen.

Nielsen juga mengungkapan, sepanjang Januari-September 2018, pertumbuhan belanja iklan sebesar 5 persen. Total belanja iklan baik di media televisi dan cetak mencapai Rp 114,4 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Eksekutif Media Nielsen Indonesia, Hellen Katherina mengatakan, gelaran olahraga seperti Piala Dunia dan Asian Games juga menjadi momentum lomba menggencarkan iklan khususnya di televisi pada kuartal III-2018.

“Momen-momen seperti penyelenggaraan World Cup dan Asian Games ini tentunya mendatangkan peluang yang cukup langka bagi pengiklan karena tidak terjadi setiap tahun," kata dia.

Informasi belanja iklan diambil dari data Ad Intel yang memonitor aktivitas periklanan Indonesia. Di tahun 2018, monitoring iklan mencakup 15 stasiun TV nasional, 98 surat kabar dan 65 majalah dan tabloid.

Angka belanja iklan didasarkan pada gross rate card, tanpa menghitung diskon, bonus, promo, harga paket, dan lain-lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.