Bloomberg: Sektor Swasta Punya Kekuatan Hadapi Tantangan Global

Kompas.com - 06/11/2018, 09:20 WIB
Mantan Walikota New York yang juga Pendiri Perusahaan Finansial Bloomberg LP menyampaikan pidato membuka Bloomberg New Economy Forum di Hotel Capella, Singapura, Selasa pagi (6/11/2018)Justin Chin/Bloomberg Mantan Walikota New York yang juga Pendiri Perusahaan Finansial Bloomberg LP menyampaikan pidato membuka Bloomberg New Economy Forum di Hotel Capella, Singapura, Selasa pagi (6/11/2018)

SINGAPURA, KOMPAS.com - Mantan Walikota New York Michael Bloomberg, membuka secara resmi forum “Bloomberg New Economy Forum” yang sedang digelar di Hotel Capella, Singapura, Selasa pagi (6/11/2018).

“Forum ini digagas untuk menunjukan kekuatan yang dimiliki sektor swasta dalam menghadapi tantangan global yang sedang dihadapi dunia. Forum ini ingin membangun kerja sama-kerja sama baru yang dapat menggabungan kekuatan sektor swasta dan pemerintah,” tutur Bloomberg.

Kontributor Kompas.com di Singapura Ericssen melaporkan dari lokasi bagaimana miliarder berusia 76 ini menekankan bahwa kerja sama yang ada antara pemerintah dan sektor swasta saat ini belum cukup. Diharapkan konferensi ini dapat memunculkan kolaborasi yang lebih mendalam,

Bloomberg menyambut positif pertumbuhan ekonomi pesat negara-negara di Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Latin yang sering disebut sebagai kekuatan ekonomi baru dunia.

Baca juga: Bareng Janet Yellen, Sri Mulyani Akan Jadi Panelis di Bloomberg New Economy Forum

Namun, taipan finansial ini tidak lupa mengingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi itu juga memunculkan tantangan-tantangan serius mulai dari perdagangan, pelayanan kesehatan publik, penggunaan teknologi, hingga perubahan iklim.

Bloomberg menyampaikan pentingnya untuk memastikan efek pertumbuhan ekonomi dapat tersebar merata, memastikan bahwa sumber daya manusia dilengkapi dengan skill yang tepat, memastikan bahwa kaum wanita dan minoritas memiliki kesempatan yang sama untuk menggapai kesuksesan, serta juga memastikan dunia berbuat lebih banyak untuk mengurangi emisi karbon.

“Sektor swasta dapat memainkan peran yang krusial untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut” sebut dia.

Bloomberg mengakhiri dengan menyebut bahwa akan ada 20 sesi panel, roundtable, workshop di forum berdurasi dua hari ini menghadirkan elit politik dan bisnis dunia untuk mencari solusi mengatasi tantangan-tantangan tersebut.

“Kita akan memberikan solusi yang realistis, praktis dan mudah untuk diterapkan di kota dan negara dipenjuru dunia, serta pastinya kita juga akan memantau perkembangan penerapan solusi-solusi tersebut” tutur Bloomberg mengakhiri pidatonya.

Forum yang ditahbiskan sebagai pesaing Forum Ekonomi Dunia (WEF) juga akan menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang akan menjadi panelis besok berbicara mengenai bagaimana menghadapi potensi financial shock global di masa depan.




Close Ads X