Saat Sri Mulyani Kenang Uang Beasiswanya yang Pas-pasan... - Kompas.com

Saat Sri Mulyani Kenang Uang Beasiswanya yang Pas-pasan...

Kompas.com - 06/11/2018, 09:43 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) menunjukkan piala pada sesi Global Market Award Ceremony dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendapatkan penghargaan Finance Minister of the Year for East Asia Pacific Awards dari majalah ekonomi Global Markets  ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Anis Efizudin/wsj/2018 Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) menunjukkan piala pada sesi Global Market Award Ceremony dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendapatkan penghargaan Finance Minister of the Year for East Asia Pacific Awards dari majalah ekonomi Global Markets

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani melalukan kunjungan kerja ke Australia. Di sela-sela kunjungan itu, ia menyempatkan diri untuk berdialog dengan mahasiswa penerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Canberra.

Dalam akun Facebook pribadinya Selasa (6/11/2018), perempuan yang kerap disapa Ani itu mengungkapkan berbagai pernyataannya kepada para mahasiswa yang dibiayai oleh negara itu.

"Saya menyampaikan bahwa mereka adalah sebagian kecil masyarakat yang mempunyai kesempatan untuk melanjutkan sekolah melalui beasiswa yang dibiayai negara. Kesempatan yang tidak dimiliki oleh semua orang Indonesia," tulisnya.

"Anda melanjutkan sekolah dibayar oleh uang rakyat dan mendapatkan beasiswa yang lebih dari cukup," sambung dia.

Baca juga: Ketika Sri Mulyani Mengenang Pengalaman Jadi Menkeu untuk Pertama Kali...

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu pun mengenang masa-masa ia kuliah di Amerika Serikat. Saat itu tutur dia, uang beasiswa yang ia dapat tak sebesar yang didapat mahasiswa LPDP saat ini.

" Beasiswa tersebut kalau dibandingkan dengan beasiswa yang saya terima waktu saya kuliah di Amerika dulu, sangat lebih dari cukup. Beasiswa yang saya terima dahulu sangatlah sedikit, bahkan untuk kehidupan sehari-hari saja belum cukup. Saat itu saya masuk dalam dalam jaring pengaman sosial di Amerika," tulis ibu dari 3 anak itu.

Sri Mulyani mengingatkan mahasiswa penerima beasiswa LPDP merupakan harapan bangsa Indonesia untuk memiliki kualitas sumberdaya manusia yang lebih baik.

Menurut dia, beasiswa yang diberikan negara bukanlah untuk kepentingan pribadi melainkan untuk bangsa Indonesia. Uang beasiswa LPDP adalah titipan uang pajak rakyat Indonesia.

Oleh karena itu Sri Mulyani berharap, para mahasiswa penerima beasiswa LPDP bisa membuktikan diri bahwa harapan segenap rakyat Indonesia tak sia-sia.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani didamping oleh Duta Besar RI untuk Australia Kristiarto Legowo dan Plh Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Rionald.



Close Ads X