Bekraf-Grab Gelar Konferensi Dunia tentang Ekonomi Kreatif - Kompas.com

Bekraf-Grab Gelar Konferensi Dunia tentang Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 06/11/2018, 14:09 WIB
Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan MunafKOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf) bekerja sama dengan Grab menyelenggarakan World Conference on Creative Economy (WCCE) di Bali, tanggal 6-8 November 2018.  Kerja sama ini dilaksanakan untuk mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia.

Hal itu juga sejalan dengan misi Bekraf untuk membangun Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dalam ekonomi kreatif pada 2030, salah satunya dengan menyatukan seluruh aset dan potensi kreatif Indonesia untuk mencapai ekonomi kreatif yang mandiri.

“Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang memiliki kinerja ekonomi paling hebat. Iklim yang positif ini tentunya menjadi momen yang tepat bagi pemerintah untuk mengokohkan pondasi perekonomian, terutama pada sektor riil, salah satunya adalah ekonomi kreatif,” ujar Kepala Bekraf Triawan Munaf dalam keterangan resmi, Selasa (6/11/2018).

Kontribusi ekonomi kreatif sendiri terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) 2018 diharapkan mencapai lebih dari Rp 1.000 triliun.

Baca juga: Bekraf Godog Startup untuk Gaet Investor

Sementara Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menyebutkan,  pihaknya telah menciptakan ratusan lapangan pekerjaan di bidang teknologi dan memberdayakan lebih dari 5 juta pengusaha mikro di Indonesia, salah satunya melalui akuisisi Kudo.

"Kami juga memiliki program Grab Ventures yang sejalan dengan misi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), beserta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf),” ujar dia.

WCCE direncanakan dihadiri oleh 15.000 peserta dari berbagai latar belakang termasuk pemerintahan, entrepreneur, korporasi dan aktivis serta pelaku industri kreatif lainnya.

Acara ini akan membahas dampak sosial ekonomi kreatif, regulasi hak-hak industri kreatif, serta juga langkah membawa ekosistem kreatif ekonomi ke tahap lebih lanjut.



Close Ads X