Berseteru dengan Pemerintah, Gubernur Bank Sentral India Bakal Mundur

Kompas.com - 07/11/2018, 13:35 WIB
Bendera India.IST Bendera India.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Di tengah ketegangan yang terjadi antara bank sentral India Reserve Bank of India (RBI) dengan pemerintah yang meningkat, Gubernur RBI Urjit Patel kemungkinan akan memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisinya.

Pengumuman mundurnya Patel kemungkinan dilakukan pada pertemuan dewan gubernur 19 November 2019 mendatang.

Dikutip dari Moneylife India, Rabu (7/11/2018), pemerintah dan bank sentral dalam beberapa minggu belakangan terus berseteru terkait seberapa besar otoritas yang dimiliki oleh RBI.

Pemerintah India dan bank sentral telah berjuang selama berminggu-minggu mengenai seberapa banyak otonomi yang harus dimiliki RBI ketika pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi berusaha mengurangi batasan pinjaman serta berupaya untuk mendapatkan akses terhadap cadangan surplus RBI.

Ketegangan pun memburuk ketika salah satu deputi gubernur menyatakan pada bulan lalu bahwa meruntuhkan independensi bank sentral akan berpotensi memperparah situasi.

Disampaikan pula dalam laporan Moneylife tersebut, kemungkinan besar Patel akan mengundurkan diri pada pertemuan dewan gubernur. Alasannya, Patel merasa tak lagi sanggup menghadapi perseteruan dengan pemerintah yang membuat kondisi kesehatannya memburuk.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X