AAJI: Reksa Dana Masih Jadi Portofolio Favorit untuk Investasi

Kompas.com - 07/11/2018, 18:19 WIB
Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Selasa (6/11/2018) KOMPAS.com/Putri Syifa NurfadilahDirektur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Selasa (6/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia ( AAJI) Togar Pasaribu menyatakan, kebanyakan portofolio investasi perusahaan asuransi disalurkan ke reksa dana.

Dia menyebutkan, per kuartal II tahun 2018 dari total investasi sebesar Rp 445,83 triliun dimana porsi reksa dana yakni 33 persen, kemudian disusul portofolio saham sebesar 31,6 persen.

"Di deposito juga ada sebesar 10,6 persen, SBN 13,8 persen, sukuk korporasi 6,9 persen dan lain-lain," ucap Togar di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu (5/11/2018).

Togar menambahkan, porsi deposito sebagai salah satu portofolio investasi di asuransi tetap ada karena perusahaan butuh likuiditas jangka pendek untuk pencairan klaim.

“Penting untuk menjaga likuiditas (dengan ada deposito), jadi harus ada kalau tidak bisa bahaya,” jelas dia.

Sementara itu, untuk klaim, rata-rata pertumbuhan sejak kuartal II tahun 2014 sampai kuartal II tahun 2018 sebesar 16,6 persen.

Sampai dengan kuartal II tahun 2018, total klaim industri asuransi jiwa mencapai Rp 60,78 triliun. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017 sebesar Rp 53,08 triliun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X