Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AAJI: Reksa Dana Masih Jadi Portofolio Favorit untuk Investasi

Kompas.com - 07/11/2018, 18:19 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menyatakan, kebanyakan portofolio investasi perusahaan asuransi disalurkan ke reksa dana.

Dia menyebutkan, per kuartal II tahun 2018 dari total investasi sebesar Rp 445,83 triliun dimana porsi reksa dana yakni 33 persen, kemudian disusul portofolio saham sebesar 31,6 persen.

"Di deposito juga ada sebesar 10,6 persen, SBN 13,8 persen, sukuk korporasi 6,9 persen dan lain-lain," ucap Togar di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu (5/11/2018).

Togar menambahkan, porsi deposito sebagai salah satu portofolio investasi di asuransi tetap ada karena perusahaan butuh likuiditas jangka pendek untuk pencairan klaim.

“Penting untuk menjaga likuiditas (dengan ada deposito), jadi harus ada kalau tidak bisa bahaya,” jelas dia.

Sementara itu, untuk klaim, rata-rata pertumbuhan sejak kuartal II tahun 2014 sampai kuartal II tahun 2018 sebesar 16,6 persen.

Sampai dengan kuartal II tahun 2018, total klaim industri asuransi jiwa mencapai Rp 60,78 triliun. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017 sebesar Rp 53,08 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com