Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2030, Jakarta Diprediksi Jadi Kota Terbesar di Dunia

Kompas.com - 08/11/2018, 09:14 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta diprediksi akan mengambil posisi Tokyo sebagai kota terbesar di dunia pada 2030. Ukurannya adalah berdasarkan jumlah populasi di kota.

Hal tersebut disebutkan dalam akun Instagram @seasiaig yang mengutip penelitian "Global Overview of Megacities" 2018 oleh Euromonitor International.

Pertumbuhan populasi yang pesat di Jakarta, ditambah pengurangan penduduk di Tokyo, akan membuat Jakarta menjadi kota dengan populasi terbesar. Diperkirakan populasinya saat itu sekitar 35,6 juta penduduk.

Sebaliknya, populasi di Tokyo akan menyusut sekitar 2 juta menjadi 35,3 juta karena faktor usia. Tokyo diprediksi menempati posisi nomor dua di bawah Jakarta.

Kemudian di posisi ketiga ditempati Karachi, Pakistan dan disusul Manila, Filipina serta Kairo, Mesir.

Ledakan populasi akan menjadi tantangan tersendiri bagi Jakarta. Sebab, di sisi lain, Indonesia menempati urutan ketiga lalu lintas terburuk versi indeks kemacetan TomTom.

Euromonitor memperkirakan enam kota besar baru berdasarkan populasi sekitar 10 juta penduduk yang diprediksi akan tumbuh yakni Chicago, Bogota, Chennai, Baghdad, Luanda. dan Dar es Salaam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com