Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 E-Commerce yang Paling Dikenal Masyarakat Indonesia

Kompas.com - 08/11/2018, 17:20 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Shopee menduduki posisi pertama sebagai merek e-commerce yang muncul pertama kali di benak masyarakat atau top of mind berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan marketing MarkPlus.

Sebanyak 31 pesen responden memilih Shopee dengan posisi berikutnya diduduki oleh Lazada yang dipilih oleh 20,3 persen responden. Sedangkan posisi ketiga diduduki oleh Tokopedia yang mendapatkan 17,9 persen suara responden.

Associate of High Tech, Property and Consumer Industry MarkPlus Irfan Setiawan menyebutkan, dominasi Shopee pada beberapa kategori customer journey, atau perjalanan interaksi pengguna dengan layanan e-commerce bisa jadi disebabkan banyaknya promo serta metode penawaran promo sekaligus pengalaman berbelanja yang diberikan oleh Shopee.

Salah satu strategi yang digunakan oleh Shopee untuk menjaga interaksi konsumen dengan layanan yang dia berikan adalah dengan menerapkan gamification.

Baca juga: IMF: E-commerce Jadi Mesin Pertumbuhan Ekonomi Asia

"Sebab dengan gamification ini kan fungsinya untuk menjaga engagement konsumen dengan aplikasi. Supaya konsumen tetap membuka aplikasi e-commerce yang bersangkutan dengan memainkan game yang nantinya menghasilkan poin, dan poin itu lah yang nantinya akan kembali digunakan oleh orang yang bersangkutan untuk kembali belanja," ujar Irfan ketika memberikan keterangan pers kepada awak media di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Adapun survei ini dilakukan di enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan dan Makassar dengan 1200 responden yang terlibat di dalamnya.

Dalam hasil survei tersebut pun terlihat, even promosi Shopee-Goyang Shoppe adalah even promosi yang paling menarik konsumen di semua kelompok usia sepanjang tahun 2018.

Bahkan di kelompok usia 19 tahun, promo Shopee-Goyang Shopee mampu menarik 40 persen responden, yang kemudian disusul oleh even promo Shopee 9.9 Super Shopping dan dengan 12,5 persen, dan Lazada festival belanja yang mendapatkan 12,5 persen suara responden.

Lebih lanjut Irfan menjelaskan, Shopee juga menjadi e-commerce yang paling sering diakses oleh masyarakat dalam tiga bulan terakhir. Sebanyak 37 persen responden mengaku kerap mengakses Shopee dalam tiga bulan terakhir. Urutan kedua ditempati Lazada dengan persentase 20,2 responden, sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Tokopedia dengan persentase responden 20 persen.

"Hasil ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Markplus yang dilakukan bulan lalu. Sedangkan industri ekonomi digital ini petanya cepat sekali berubah. Jadi bisa saja peta ini sudah benar-benar berbeda dalam satu hingga dua bulan ke depan," ujar Irfan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com