MarkPlus: Shopee, Tokopedia, dan Lazada Kuasai Pasar E-Commerce Indonesia - Kompas.com

MarkPlus: Shopee, Tokopedia, dan Lazada Kuasai Pasar E-Commerce Indonesia

Kompas.com - 08/11/2018, 19:10 WIB
Belanja onlinegrinvalds Belanja online

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan semakin matangnya industri ekonomi digital di Indonesia membuat hanya beberapa e-commerce yang berhasil mempertahankan mereknya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh MarkPlus, pelaku seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada merupakan nama-nama yang paling sering disebut responden.

"Kalau dilihat petanya saat ini secara umum sekarang sedang didominasi Shopee, sisanya Lazada dan Tokopedia. Keduanya (Lazada dan Tokopedia) ini pemain yang agak lebih lama dari Shopee tapi mereka masih bisa mempertahankan posisinya sebagai leader," ujar Associate of High Tech, Property and Consumer Industry MarkPlus Irfan Setiawan ketika memberikan keterangan kepada awak media di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Berdasarkan hasil survei tersebut ditunjukkan, Shopee menduduki posisi sebagai top of mind atau mereka yang pertama kali muncul di benak masyarakat dengan persentase responden sebesar 31 persen. Sementara Tokopedia berada di posisi kedua dengan 39,9 persen responden dan Lazada pada posisi ketiga dengan 35,7 persen.

Baca juga: Ini 3 E-Commerce yang Paling Dikenal Masyarakat Indonesia

Selain itu, e-commerce yang paling banyak digunakan adalah Shopee dengan 37 persen, Lazada 20,2 persen dan Tokopedia 20 persen.

Namun, Irfan menjelaskan, posisi popularitas e-commerce berbeda-beda di setiap kota.

"Untuk kota-kota yang sangat urban seperti Jakarta, Tokopedia mendominasi, sementara di Makassar terdapat Bukalapak yang masuk sebagai yang populer setelah Shopee dan Lazada," kata Irfan.



Close Ads X