Ma'ruf Amin: Produksi Mobil Esemka Urusan Pihak Swasta

Kompas.com - 09/11/2018, 05:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 1, Ma'ruf Amin belum bisa memastikan kapan mobil nasional Esemka diluncurkan. Dia meminta publik bersabar untuk menunggu peluncuranya.

Sebelumnya, Ma'ruf pernah menyatakan peluncuran mobil Esemka akan dilakukan Oktober 2018.

"Pokoknya kita tunggu saja," ujar Ma'ruf saat ditanya kapan peluncuran mobil Esemka di Jakarta, Kamis (8/11/2018) malam.

Ma'ruf menjelaskam, produksi massal mobil Esemka merupakan inisiatif pihak swasta. Menurut dia, tak ada sangkut pautnya dengan pemerintah.

"Itu kan swasta, enggak ada urusannya orang mau bikin, mau jadi atau enggak jadi," kata Ma'ruf.

Ma'ruf meminta masyarakat mendukung adanya inisiasi pihak swasta yang ingin memproduksi mobil nasional.

"Itu bukan pemerintah, itu swasta, pengusaha yang ingin membangun dari mobil bengkel menjadi mobil pabrikan," ucap dia.

Sebelumnya, Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) Sukiat sebelumnya buka suara soal nasib mobil Esemka.

Menurut Kiat, untuk rencana awal SUV Esemka yang akan diluncurkan pada 2019 akan datang dengan dua pilhan model, yakni tiga dan dua baris.

"Desain yah seperti SUV, yang pasti nanti ini nanti ada dua opsi, yang tiga baris dan yang satu lagi dua baris. Kalau kapasitas, yang tiga baris ya tujuh orang, kan," ucapnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (1/10/2018).

Lebih lanjut Kiat menjelaskan proyek mobnas Kiat Esemka ini masih dalam tahap diskusi. Bila jadi, rencananya diluncurkan usai produksi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.