6 Merek Terkenal Ini Dulunya Menjual Produk yang Berbeda dari Sekarang - Kompas.com

6 Merek Terkenal Ini Dulunya Menjual Produk yang Berbeda dari Sekarang

Kompas.com - 09/11/2018, 05:51 WIB
Mobil sport BMW First-ever BMW i8 Roadster terlihat di Jakarta, Rabu (17/10/2018). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Mobil sport BMW First-ever BMW i8 Roadster terlihat di Jakarta, Rabu (17/10/2018).

KOMPAS.com - Mungkin kita sudah sering mendengar seseorang bankir beralih profesi menjadi seorang marketer, atau seorang penulis berubah profesi menjadi seorang analis.

Tapi pernahkah terpikir dalam benak Anda bahwa merk-merk besar seperti Samsung, BMW dan Nokia dulunya menjual produk yang jauh berbeda dengan produk yang mereka jual sekarang?

Berikut 6 merk terkenal yang dulunya menjual produk yang jauh berbeda.

1. BMW

Dulunya BMW merupakan sebuah perusahaan pembuat pesawat. BMW mengawali bisnisnya setelah restrukturisasi dari perusahaan pembuat mesin pesawat terbang Rapp Motorenwerke tahun 1917.

Perusahaan ini beralih untuk memproduksi sepeda motor tahun 1923 setelah perjanjian tersebut mulai dilonggarkan, kemudian mulai memproduksi mobil tahun 1928.

2. Lamborghini

Lamborghini merupakan sebuah pembuat mobil di Italia. Perusahaan ini didirikan oleh Ferruccio Lamborghini pada tahun 1963, dengan tujuan untuk menghasilkan mobil yang mampu bersaing dengan mobil yang telah ada dipasaran terlebih dahulu seperti Ferrari. Sebelum menjual supercar, produk awal yang dijual oleh Lamborghini adalah sebuah traktor.

3. Toyota

Logo Toyota ibtimes Logo Toyota

Toyota merupakan sebuah pabrikan mobil yang berasal dari Jepang, yang berpusat di Toyota, Aichi. Saat ini, Toyota merupakan pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia. Sebelumnya Toyota sempat membuat mesin jahit sebelum membuat dan memasarkan mobil.

4. Samsung

Seperti yang sama-sama kita ketahui, Samsung merupakan salah satu smartphone dengan jumlah pengguna paling besar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja.

Sebelum menjadi produsen gadget seperti sekarang, dulunya Samsung merupakan produsen makanan. Mereka mengekspor mie dan ikan kering.

5. Nokia

Para generasi 90-an pasti sudah tidak asing dengan merk smartphone yang satu ini. Nokia Corporation adalah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia serta merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. Sebelum menjadi produsen smartphone yang pernah merajai industri teknologi, Nokia pernah menjual kertas dan sepatu boot yang terbuat dari bahan karet.

6. Sharp

Kita pasti sering menemukan merk ini di banyak peralatan rumah tangga seperti televisi, microwave, kulkas, pendingin ruangan hingga smartphone. Tapi masih banyak yang belum tahu bahwa sebelumnya Sharp merupakan produsen pensil mekanik.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Tunaikita.com. Artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Tunaikita.com



Close Ads X