Halal Local Berambisi Jadi yang Terbaik di Australia - Kompas.com

Halal Local Berambisi Jadi yang Terbaik di Australia

Kompas.com - 09/11/2018, 07:09 WIB
Ilustrasi halalGetty Images/iStockphoto Ilustrasi halal

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup asal Indonesia, Halal Local berambisi mendapatkan dana segar melalui aplikasi rintisannya, yakni pencari restoran halal bagi wisatawan muslim.

Ini setelah Halal Local menjadi pemenang kompetisi final regional "StartCon Pitch for $1 Million Jakarta" di Jakarta pada 26 Oktober lalu.

Halal Local merupakan aplikasi mobile asal Indonesia, yang membantu wisatawan muslim menemukan restoran halal di seluruh dunia. Kini mereka memiliki kesempatan besar untuk memperoleh investasi dana segar senila 1 juta dollar Australia.

"Suatu kehormatan besar bagi Halal Local menjadi pemenang pertama di kompetisi regional ‘StartCon Pitch for $1 Million Jakarta’. Sebagai sebuah aplikasi mobile yang bertujuan membantu para wisatawan muslim mencari restoran halal di manapun di seluruh dunia," kata Chief Technology Officer (CTO) Halal Local, Nurma Larasati dalam keterangan resminya, Jumat (9/11/2018).

Nurma menuturkan, kesempatan ini akan digunakan sebagai sarana atau wadah untuk mendapatkan investasi, kolaborasi, dan dukungan dalam mengembangkan nilai bisnis Halal Local secara luas ke Australia, Asia Pacific, dan seluruh dunia.

Halal Local kini memiliki database lebih dari 50.000 daftar restoran halal di 110 negara berserta informasi penting lainnya bagi pemeluk agama Islam. Aplikasi melakuka mencari tempat shalat, jadwal waktu shalat, dan arah Kiblat untuk shalat.

"Aplikasi ini sekarang tersedia dalam empat bahasa yakni Inggris, Arab, Mandarin, dan Indonesia. Serta sudah bisa diunduh di Google Play dan App Store," terang dia.

Dia mengatakan, Halal Local akan bersaing melawan para pemenang kompetisi regional ‘StartCon Pitch for $1 Million’ lainnya di Australia dan sejumlah kota di wilayah Asia Pacific menjadi yang terbaik.

"Acara utama StartCon sendiri akan dihelat pada 30 November-1 Desember mendatang di Royal Randwick Racecourse, Sydney, Australia," sebutnya.

Selain Halal Local, juara dua dalam kompetisi yang sama yakni DuitHape, juga akan ambil bagian dalam kompetisi lanjutan di Sydney, Astralia. DuitHape merupakan sebuah sistem pengiriman uang dan pembayaran mobile independen yang dapat bekerja dalam sistem operasi yang bervariasi dan operator telekomunikasi yang berbeda bank. 

Aplikasi ini fokus untuk memfasilitasi transaksi finansial menggunakan telepon genggam, sekitar 80 persen populasi masyarakat Indonesia yang masih belum tersentuh layanan perbankan, termasuk mereka yang tinggal di daerah pedesaan.

Diketahui, kompetisi final regional "StartCon Pitch for $1 Million Jakarta" Oktober lalu diselenggarakan StartCon, FintechSPACE by UnionSPACE, Kejora Ventures sebagai partner lokal, dan Kedutaan Australia di Jakarta.

StartCon merupakan konferensi startup dan growth terbesar di Australia. ‘StartCon Pitch for $1 Million’ merupakan kompetisi pitch untuk startup di Asia Pacific dengan ratusan startup yang berkompetisi di 15 kota dalam tujuh negara yang besempatan memenangkan paket pendanaa dari firma pendanaan modal usaha Australia bernama Right Click Capital.



Close Ads X