Di Tahun 2022, "Skill" Apa Saja yang Paling Dibutuhkan untuk Bekerja?

Kompas.com - 09/11/2018, 10:12 WIB
Ilustrasi berpikir g-stockstudioIlustrasi berpikir

JAKARTA, KOMPAS.com — Seiring dengan bergesernya jenis pekerjaan yang dibutuhkan karena disrupsi digital, keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan sebagian besar pekerjaan pun akan bergeser secara signifikan.

Berdasarkan laporan Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) mengenai pekerjaan di masa depan, proporsi dari keterampilan inti yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak berubah diperkirakan sekitar 58 persen.

"Artinya, akan terjadi pergeseran keterampilan di dunia kerja sebesar 42 persen pada tahun 2022 mendatang," sebut laporan tersebut.

WEF menjelaskan, keterampilan-keterampilan yang akan semakin dibutuhkan adalah daya pikir analitis serta pembelajaran secara aktif sekaligus keterampilan yang berkaitan dengan teknologi lantaran kebutuhan atas teknologi yang terus meningkat.

"Namun, kemahiran dalam teknologi hanyalah satu dari banyaknya jenis keterampilan yang dibutuhkan menjelang 2022," jelas WEF.

Kebutuhan akan jenis keterampilan yang manusiawi, seperti kreativitas, orisinalitas serta inisiatif, daya pikir kritis, persuasif dan negosiatif, juga akan meningkatkan nilai seseorang. Selain itu keterampilan seperti memiliki perhatian terhadap detail, ketahanan, fleksibiltas, serta kemampuan menyelesaikan masalah juga menjadi perhatian tersendiri.

Permintaan terhadap keterampilan berupa kecerdasan emosional, kepemimpinan, dan kemampuan untuk memberikan pengaruh terhadap lingkungan sosial pun juga akan meningkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut adalah 10 jenis keterampilan yang akan semakin dibutuhkan di tahun 2022:

1. Daya pikir analitis dan inovatif

2. Pembelajar yang aktif dan strategis

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.