Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Terus Menguat, Ini Komentar Sri Mulyani

Kompas.com - 09/11/2018, 13:20 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS  mengalami penguatan sejak awal pekan. Sempat jatuh ke kisaran Rp 15.000 per dollar AS, mata uang Garuda itu sempat menguat ke posisi Rp 14.500-an.

Baca: Rupiah Terus Menguat, Ini Penyokongnya

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, menguatnya nilai tukar tidak lepas dari pondasi ekonomi Indonesia yang masih sangat kuat. Hal ini penting untuk terus dikomunikasikan dengan baik agar bisa menumbuhkan kepercayaan pasar terhadap ekonomi RI.

"Oleh karena itu, pada saat pasar lebih rasional, kita akan mendapatkan apa yang disebut dengan capital inflow yang lebih positif. Tapi kita tetap harus hati-hati karena memang suasana politik global saat ini," kata Sri Mulyani, Jumat (9/11/2018).

Meski demikian, perempuan yang kerap disapa Ani ini menilai bahwa nilai tukar rupiah akan tetap berfluktuasi seiring sentimen pelaku ekonomi di tengah kondisi ekonomi global saat ini.

Dia berharap, di tengah ketidakpastian itu, para pelaku ekonomi global tetap memandang positif perekonomian Indonesia.

Sri Mulyani mengungkapkan, dirinya telah bertemu dengan para investor dan pelaku ekonomi dalam lawatannya ke Australia dan Singapura belum lama ini.

Umumnya, para investor dan pelaku ekonomi memiliki pandangan yang positif kepada ekonomi Indonesia.

"Makin kita berkomunikasi kita berharap bahwa pelaku ekonomi terutama di tingkat regional global akan memahami itu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com