PT RAI Ingin Punya Bengkel Perakitan Pesawat R80 di Bandara Kertajati - Kompas.com

PT RAI Ingin Punya Bengkel Perakitan Pesawat R80 di Bandara Kertajati

Kompas.com - 09/11/2018, 20:06 WIB
Miniatur pesawat R80KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Miniatur pesawat R80

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI), Ilham Habibie mengatakan, pihaknya berencana membangun bengkel perakitan pesawat R80 di Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati. Pesawat R80 sendiri diinisiasi Presiden RI ketiga BJ Habibie.

"Perakitan itu kita niatnya di Kertajati. Namun demikian kita belum bisa 100 persen itu jadi atau tidak. Masih dalam finalisasi," ujar Ilham di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Ilham menjelaskan, saat ini PT Regio Aviasi Industri berkantor di Bandung. Namun, pihaknya belum memiliki pabrik untuk memproduksi pesawat R80.

"Saat ini kantor kita di Bandung. Jadi enginering kami itu di Bandung. Pabrik belum ada, nanti kita bangun kalau sudah waktunya. Saat ini pabrik yang kita maksudkan untuk perakitan final," kata Ilham.

Baca juga: Tahun Depan Prototipe Pesawat R80 Dibuat

Saat ditanya total investasi yang sudah dikeluarkan untuk membuat pesawat ini, Ilham tak mau membeberkannya.

"Puluhan juta, tapi saya tidak bisa sebut berapa persisnya," ucap dia.

Pesawat R80 mampu mengangkut 80 penumpang. Pesawat ini juga didesain dengan desain kokpit yang modern dan menjamin kenyamanan penumpang selama mengudara.

Pesawat ini memiliki dimensi panjang 32,3 meter dengan lebar sayap 30,5 meter dan tinggi 8,5 meter.

Pesawat R80 mampu melesat hingga 330 knots atau sekitar 611 kilometer per jam. Sedangkan kecepatan ekonomisnya mencapai 290 knots atau sekitar 537 kilometer per jam.

Dalam sekali terbang, pesawat ini mampu menjangkau 1.480 kilometer.



Close Ads X