Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Bermasalah dengan Pedagang, Marketplace Harus Tanggung Jawab

Kompas.com - 11/11/2018, 15:30 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menegaskan, ketika konsumen memiliki masalah dengan merchant atau pedagang, maka marketplace sebagai perantara pun harus ikut bertanggung jawab dalam penyelesaian masalah tersebut.

"Marketplace ketika merchant dan konsumen bermasalah, dia punya tanggung jawab untuk mempertemukan dan menyelesaikan," ujar Pengurus Harian YLKI Sularsih kepada Kompas.com, Sabtu (10/11/2018).

Hal ini karena, konsumen belum tentu tahu siapa, di mana dan bagaimana merchant yang ada dalam marketplace tersebut. Oleh karenanya, Sularsih mengimbau agar marketplace tidak lari begitu saja dari tanggung jawab tersebut.

Namun, konsumen pun perlu mengetahui merchant sebelum membelanjakan uangnya untuk membeli barang. Lebih baik lagi jika konsumen juga mencari informasi sebanyak-banyaknya soal merchant yang menjual produk.

"Sebelum memutuskan untuk membeli kita cari informasi sebanyak-banyaknya (soal merchant)," papar Sularsih.

Apabila konsumen asal membeli atau karena tergiur harga murah setelah diskon, bisa saja barang yang dipesannya ini mengecewakan. Ini terjadi jika ternyata merchant tidak bertanggung jawab.

"Banyak yang beli tapi barang tidak dikirim sesuai janji. Contoh lain kasus pembelian kamera yang harganya hanya Rp 100.000, di situ (barang) masih ada dan konsumen ini beli. Ada yang dikirim dan ada yang tidak sesuai sama yang dijanjikan," jelas Sularsih.

Tak lupa, Sularsih juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap bijaksana dalam membelanjakan uangnya apalagi saat ini sedang marak diskon karena mendekati akhir tahun.

"Hati-hati terhadap diskon, (barang) spesifiknya harus jelas, karena itu akan mempengaruhi harga," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com