Kompas.com - 11/11/2018, 15:45 WIB
Ilustrasi belanja pakaian online seb_raIlustrasi belanja pakaian online

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengimbau agar masyarakat Indonesia tetap bijaksana dalam menghadapi rangkaian pesta belanja akhir tahun. Apalagi, saat ini semakin banyak pemain yang berlomba-lomba menggelar diskon paling besar.

Pengurus Harian YLKI Sularsih mengatakan, ketika ingin membeli barang dalam gelaran pesta diskon yang diselenggarakan berbagai e-commerce maupun marketplace di Indonesia, konsumen diharap memperhatikan sejumlah aspek.

"Perhatikan kondisi barang dan baca spesifikasinya. Karena kita tidak melihat barangnya langsung, hanya lewat foto. Perhatikan spesifikasi terutama barang fashion dan elektronik karena yang paling banyak (masalah)," jelas Sularsih kepada Kompas.com, Sabtu (10/11/2018).

Sularsih menambahkan, jika membeli barang elektronik maka perlu juga dilihat distributor atau merchant di marketplace tersebut.

"Kalau (barang) elektronik perhatikan juga distributornya. Marketplace kan hanya etalase istilahnya. Kadang penjual menawarkan harga murah itu karena bukan paket bawaan aslinya, makanya ini perlu ditanyakan dulu," jelas dia.

Kemudian, konsumen diminta membaca dan memahami ketentuan dan cara pembayarannya. Hal ini menghindari akan adanya aturan yang justru akan merugikan konsumen.

"Pastikan bahwa cara pembayaran dan terms and conditions (syarat dan ketentuan)-nya. Jangan sampai barang tersebut didiskon karena mesti menggunakan pembayaran yang seperti apa," papar Sularsih.

Selain itu, yang tak boleh luput adalah bagaimana marketplace atau e-commerce ini berinteraksi dalam menyelesaikan dan menanggapi masalah dari pelanggannnya. Jika berbelanja di marketplace, maka lihat pula merchantnya.

Hal ini bisa dilihat dari riwayat komentar yang ditinggalkan oleh pelanggannya terdahulu.

Sularsih juga mengimbau,agar konsumen tidak tergiur dan mudah tertipu dengan pesan-pesan yang dikirimkan via aplikasi perpesanan mengenai promo-promo tertentu. E-commerce dan marketplace biasanya memberikan pemberitahuan resminya lewat website atau e-mail pribadi konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.