Kompas.com - 12/11/2018, 09:37 WIB
Ilustrasi milenial SHUTTERSTOCKIlustrasi milenial

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah harus memberikan dukungan untuk mendorong berbagai bentuk kreativitas anak muda secara produktif. Hal ini untuk menghasilkan kemandirian dan independensi anak muda dalam berkreasi.

Pegiat kewirausahaan sosial Dimas Oky Nugroho, menyebut, kemandirian akan menjamin ketahanan dan keberlanjutan berbagai inisiatif serta menghasilkan modal sosial unggul dari sebuah bangsa.

Menurut dia, modal sosial yang maju, inovatif dan berdaya tahan tinggi pada generasi mudanya menjadi aspek penting yang harus dimiliki oleh Indonesia. Anak muda harus dapat memanfaatkan momentum bonus demografi secara optimal untuk penguatan kapasitas dan perluasan jaringan.

"Anak-anak muda dapat menyatukan diri dalam sebuah visi bersama, bertemu dalam common platform, lalu melakukan tindakan atau aksi bersama yang secara sosial ekonomi produktif bagi diri dan komunitas atau lingkungan mereka. Proses itu memiliki otentisitas atau kekhasannya sendiri-sendiri," ujar Dimas, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (12/11/2018).

Baca juga: Sri Mulyani: Anak Muda Sekarang Ini, Apa Tidak Ingin Seperti Saya?

Dengan demikian lanjut dia,  anak-anak muda sendiri yang harus mampu mandiri untuk bertahan, berkembang dan memiliki usaha yang berkelanjutan. Sedangkan negara hanya memfasilitasi.

"Kolaborasi di sini menjadi penting," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dimas berharap anak-anak muda Indonesia ke depan harus dibekali oleh pendidikan serta kompetensi yang baik. Kompetensi dalam hal ini adalah pengetahuan (knowledge), keahlian (skill) dan perilaku (attitude) atau integritas yang baik.

"Anak muda Indonesia sebaiknya sejak awal dibiasakan dengan mentalitas entrepreneurship yang memiliki visi kebangsaan dan kepemimpinan. Penguatan kapasitas individu akan berkontribusi pada penguatan modal sosial komunitas bangsa secara lebih luas," ujarnya.

Dimas mengajak agar pemuda Indonesia mengambil momen hari pahlawan ini untuk bersemangat berjuang mencapai cita-citanya.

"Jadikan momen 90 Tahun Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan untuk mendorong kebangkitan baru Indonesia," sebut dia.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.