Mendag Minta Pemda Kawal Harga Bahan Pokok Jelang Akhir Tahun

Kompas.com - 12/11/2018, 16:40 WIB
Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita menegaskan bahwa harga jual sejumlah komodititas pangan di pasar Batam, Kepulauan Riau (Kepri) masih stabil. Minggu (11/11/2018) KOMPAS.COM/ HADI MAULANAMenteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita menegaskan bahwa harga jual sejumlah komodititas pangan di pasar Batam, Kepulauan Riau (Kepri) masih stabil. Minggu (11/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk memantau persediaan dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok, khususnya menjelang hari raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Diharapkan melalui rapat koordinasi, Pemerintah Pusat bersama sama dengan Pemerintah Paerah dapat terus meningkatkan kerjasama dalam mengawal pasokan dan kestabilan harga bapok, khususnya menjelang Natal dan Tahun Baru,” kata Enggartiasto dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (12/11/2018).

Enggartiasto mengatakan, setidaknya ada dua periode yang harus diwaspadai terkait kenaikan permintaan bahan pokok yang dapat menyebabkan lonjakan harga. Kedua periode tersebut adalah ketika memasuki bulan suci Ramadan dan menjelang akhir tahun.

Khusus periode akhir tahun, terdapat beberapa daerah yang mengalami tren kenaikan harga bahan pokok.

Baca juga: Di Batam, Mendag Tegaskan Harga Pangan Stabil

"Hal ini disebabkan adanya kenaikan permintaan bahan pokok untuk kebutuhan perayaan hari keagamaan. Daerah tersebut adalah Sumatera Utara, Kalimanta Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua Barat," sebut Enggar.

Selain itu, terdapat juga beberapa daerah yang diperkirakan akan mengalami kenaikan permintaan pada akhir tahun. Ini karena daerah tersebut merupakan daerah tujuan wisata, di antaranya DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Bali.

Guna menghadapi potensi kenaikan permintaan ini, Pemda diharapkan dapat memantau dan melaporkan perkembangan harga harian di pasar.

"Pemerintah Daerah juga diharapkan dapat melaporkan perkembangan kelancaran distribusi dan jumlah pasokan bahan pokok," ujarnya.

Enggar juga meminta Pemda untuk meningkatkan koordinasi antara instansi di wilayah kerjanya masing-masing.

Baca juga: Masyarakat Kerap Korbankan Pembelian Bahan Pokok untuk Membeli Rokok

Ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok melalui kegiatan operasi pasar dan pasar murah di lokasi pemukiman masyarakat berpendapatan rendah. Serta untuk menjaga keamanan dan kelancaran distribusi pasokan yang didukung dengan kesiapan moda angkutan barang.

Para pelaku usaha juga diimbau dan diminta untuk tidak menaikkan harga secara tidak wajar dan menimbun barang dalam rangka spekulasi.

“Untuk itu, Pemerintah Pusat dan Daerah akan meningkatkan pengawasan secara terpadu, bila diperlukan bekerja sama dengan aparat keamanan,” tandas Enggar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X