Maksimalkan Penggunaan, Pesawat Lion Air Terbang 12 Kali Dalam Sehari

Kompas.com - 12/11/2018, 17:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu unit pesawat milik maskapai Lion Air rata-rata digunakan untuk 12 kali penerbangan dalam satu hari. Dalam satu hari, Lion Air memiliki 1.750 jadwal penerbangan.

"Kalau perusahaan tentunya menginginkan utilisasi pesawat untuk menutupi biaya operasional. Kira-kira dalam sehari itu 11 sampai 12 penerbangan," ujar Direktur Angkasa Training Center, Dibyo Soesilo di kantornya, Tangerang, Banten, Senin (12/11/2018).

Dibyo menjelaskan, langkah itu diambil perusahaan dalam rangka efisiensi. Sehingga, satu pesawat harus digunakan seoptimal mungkin.

"Karena kita itu efisiensi. Beda sama perusahaan yang sudah establish, kita perusahaan low cost. Jadi kalau (penggunaan) pesawat seoptimal mungkin kita gunakan dalam satu hari," kata Dibyo.

Mengenai jam terbang pilot, lanjut Dibyo, pihak maskapai membatasi hanya 9 jam dalam satu hari. Menurut dia, hal tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Pilot itu dibatasi 9 jam sehari. Dalam sebulan 110 jam, kemudian dalam setahun 1050 jam. Itu aturan pemerintah. Kita tidak melanggar aturan yang ada," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.