Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Belanja Online 11.11, Shopee Catat Lebih dari 11 Juta Pemesanan

Kompas.com - 13/11/2018, 10:10 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marketplace Shopee mencatatkan rekor dalam sejarah penjualannya pada festival belanja 11.11 pada 11 November 2018 lalu. Secara regional, tercatat lebih dari 11 juta pemesanan terjadi pada satu hari tersebut. Capaiannya meningkat 4,5 kali dibandingkan hari yang sama tahun lalu.

Lebih dari 42 juta pengunjung telah menikmati promosi di semua kategori. Pada puncaknya, lebih dari 58.000 produk terjual setiap menitnya di Shopee.

Chris Feng, Chief Executive Officer Shopee mengatakan, festival belanja kali ini menjadi yang tersukses yang pernah mereka lakukan.

“Pertumbuhan festival belanja 11.11 kami dari tahun ke tahun merupakan bukti bahwa 11.11 telah dan akan terus menjadi tanggal yang penting dalam musim belanja akhir tahun di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan," ujar dia dalam keterangan tertulis, Selasa (13/11/2018).

Baca juga: MarkPlus: Shopee, Tokopedia, dan Lazada Kuasai Pasar E-Commerce Indonesia

Dalam Shopee 11.11 Big Sale di Indonesia tahun ini menghadirkan berbagai paket promosi seperti peluncuran in-app game terbaru, Kuis Shopee, dan penawaran eksklusif dari mitra brand serta mitra strategis Shopee.

Pada 11 November, top brand dan penjual yang berpartisipasi mengalami peningkatan transaksi hingga 19.309 kali dan rata-rata peningkatan kunjungan hingga 300 persen.

Kategori Kecantikan, Pakaian Wanita dan Elektronik menjadi yang paling diminati selama festival berlangsung. Produk earphone, smartphone, dan tas menjadi terpopuler bagi pengguna pria, sedangkan hijab, micellar water dan minyak goreng paling banyak dibeli pengguna wanita.

Shopee menganggap strategi mobile-first Shopee menjadi kunci kesuksesan Shopee 11.11 Big Sale di Indonesia tahun ini, dengan 99 persen transaksi dilakukan melalui aplikasi smartphone. Kuis permainan interaktif, Kuis Shopee, yang diluncurkan pertama kali pada Shopee 11.11 Big Sale juga menarik banyak minat pengguna, dengan lebih dari 7 juta pemain yang berpartisipasi.

In-app game Shopee yang digemari oleh para pengguna, Goyang Shopee, dimainkan lebih dari 75 juta kali di Indonesia, di mana meningkat sekitar 40 persen dibandingkan Shopee 9.9 Super Shopping Day yang diadakan pada 9 September lalu.

Tidak hanya memberikan promosi menarik bagi pengguna, Shopee Indonesia juga terus fokus mendukung perkembangan pengusaha lokal melalui program berkelanjutan Kampus Shopee. Hal in dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital yang lebih baik di Indonesia. Shopee menggelar program Kampus Shopee akan berekspansi melalui program seller exchange bertajuk “Kampus Shopee Goes to Thailand” yang berlangsung pada 22-24 November 2018.

Program ini disiapkan untuk mengedukasi para penjual Shopee dengan memberikan pengalaman langsung untuk melihat pasar ritel dan pengalaman para penjual online di Thailand, yang mana memiliki perilaku konsumen yang kurang lebih sama dengan pengguna di Indonesia.

Selama program berlangsung, para penjual berkesempatan untuk berbagi cerita inspiratif bisnisnya dan berkonsultasi dengan sesama penjual serta eksekutif Shopee.

"Shopee akan terus berinovasi untuk memberikan pengguna lebih banyak lagi layanan, aktivitas, dan fitur-fitur menarik, serta bekerja sama dengan para mitra penjual dan brand untuk memberikan pengalaman berbelanja online terbaik bagi pengguna,” kata Chris Feng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com