Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan UKM ke Era Industri 4.0, Komunitas Ini Ciptakan ukmgood.com

Kompas.com - 14/11/2018, 12:23 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya industri besar, Usaha Kecil Menengah (UKM) juga ditantang untuk siap bersaing di era revolusi industri 4.0. Atas dasar itulah Komunitas Bakoel Online membuat program ukmgood.com berupa sebuah direktori digital yang berisi kumpulan informasi dari para pelaku UKM.

Program tersebut diluncurkan di Malang, Senin (12/11/2018). Jika program itu sukses, maka akan mulai dikembangkan secara nasional.

Pendiri dari Komunitas Bakoel Online Shinta Murniati mengatakan, program tersebut bertujuan untuk mengajak semua pelaku usaha agar memiliki laman dan akun media sosial sebagai sarana untuk berjualan di dunia digital. Ia menyebut tingkat ketertarikan pelaku UKM terhadap dunia digital tidak sedikit, namun sedikit yang mau menekuninya.

"Komunitas ini berdiri ingin mengajak semua peserta untuk dapat ikut dengan memberikan banyak pelatihan yang aplikatif seputar dunia digital dan membuat semua menjadi sederhana untuk dapat dikuasai oleh anggota dan secara bertahap masuk di dunia digital," ujar Shinta dalam keterangan tertulis, Rabu (14/11/2018).

Adapun perbedaan direktori ini dengan e-commerce adalah di ukmgood.com tidak dipersiapkan untuk bertransaksi, hanya mengarahkan pengunjung menuju akun atau laman peserta ukmgood. Sehingga transaksi dan semua informasi produk atau jasa akan dapat dilihat konsumen dari setiap website yang dikunjungi.

Hal ini sekaligus untuk menghindari kompetisi harga penjualan online.

Pengunjung diharapkan bisa menentukan pilihan barang yang mau dibeli dengan informasi dan kualitas produk yang dapat dilihat dari review di website masing-masing peserta.

Selain menyediakan direktori, program ini juga membantu peserta dalam pembuatan website dan juga pembuatan akun media sosial sekaligus merawatnya. Dengan biaya Rp 50.000 per bulan, peserta sudah memiliki hosting dan domain.

Tak hanya itu, biaya tersebut sudah termasuk pembuatan website dan perawatannya.

Initiator Program ukmgood.com Riski Riswandi mengatakan, program tersebut akan mengajak peserta langsung ikut aktif ke dalam industri 4.0 meski peserta tidak sepenuhnya menguasai.

"Prinsipnya kita adalah ajak terjun dulu. Nanti secara perlahan dengan mereka ikut dan merasakan manfaat dari kecepatan industri digital, kita akan secara bertahap memberikan pelatihan aplikatif melalui pelatihan-pelatihan yang digelar oleh Komunitas Bakoel Online," kata Riski.

Diketahui, jumlah Industri Kecil Menengah (IKM) di Malang pada 2017 sekitar 3.355 unit, 18 unit di antaranya kategori industri besar. Tercatat sekitar 11.369 penyerapan tenaga kerja dengan nilai investasi sebesar Rp 1,86 miliar dari geliat IKM di kota Malang pada 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com