52 Barang Gratifikasi KPK akan Dilelang Online - Kompas.com

52 Barang Gratifikasi KPK akan Dilelang Online

Kompas.com - 14/11/2018, 15:26 WIB
Ilustrasi lelang barang gratifikasiKOMPAS/PRIYOMBODO Ilustrasi lelang barang gratifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) akan meluncurkan portal lelang online dengan domain lelang.go.id, Kamis (15/11/2018).

Di antara barang-barang yang ditampilkan di portal tersebut, ada 52 barang gratifikasi dari KPK yang akan dilelang.

Direktur Lelang DJKN Lukman Effendi mengatakan, barang tersebut telah diserahkan ke DJKN untuk dilakukan lelang online mulai besok.

"Kita mendorong barang lelang gratifikasi karena lebih mudah dikoordinasikan. KPK sudah serahkan ke kita," ujar Lukman di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Baca juga: Beredar Pesan Lelang atas Nama Bea dan Cukai, Kemenkeu Pastikan Hoaks

Ada dua jenis lelang yang bisa dilakukan, yakni lelang kehadiran dan melalui internet. Jika calon pembeli ingin melakukan lelang secara langsung, bisa langsung datang ke Kementerian Keuangan mulai Senin (12/11/2018) hingga Rabu ini.

Sementara calon pembeli yang mau mengikuti lelang lewat internet bisa dnegan mengakses lelang.go.id. Calon pembeli bisa mendaftar dan mengaktifkan akun terlebih dahulu sebelum mengikuti lelang. Jika mau melihat langsung barangnya juga bisa datang ke Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan hari ini hingga pukul 15.00 WIB.

Adapun barang gratifikasi yang akan dilelang besok merupakan barang-barang yang dilaporkan penyelenggara negara ke KPK. Jenis barangnya pun beragam. Kebanyakan adalah kain batik dengan rentang harga limit mulai Rp 63.000 hingga Rp 2.242.000.

Harga limit merupakan harga minimal lelang. Calon pembeli bisa menawar di atas harga tersebut. Selain itu, ada juga parfum Bottega Veneta dengan harga limit Rp 788.000 dan parfum Gahru dengan harga limit Rp 174.000. Ada pula topi berwarna hijau lumut bertuliskan Washington DC di bagian depan dan belakang topi dengan harga limit Rp 160.000.

Bahkan, ada barang gratifikasi yang dilelang berupa tiga voucher belanja Hypermart masing-masing senilai Rp 100.000 yang dibanderol sepaket Rp 194.000.Ada juga uang elektronik dengan saldo Rp 500.000 yang dilelang dengan harga limit Rp 502.000.

Selebihnya, terdapat berbagai barang pecah belah seperti guci, set cangkir, dan perangkat penyaji makanan dengan harga variatif.

Lukman ingin portal lelang.go.id nantinya akan menjadi one stop service di mana para calon pembeli bisa memilih-milih barang yang diinginkan di sana.

"Hampir sama seperti e-commerce tapi kalau lelang ada kompetisinya," kata Lukman.



Close Ads X