Januari 2019, Mandiri Rilis Fitur Pembayaran dengan QR Code

Kompas.com - 14/11/2018, 16:13 WIB
Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo. KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTODirektur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan merilis fitur pembayaran Mandiri Pay pada Januari 2019 mendatang.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wiryaatmadja mengatakan, fitur pembayaran ini berbasis quick response code (QR code) yang terintegrasi dengan akun e-wallet, kartu debit, serta kartu kredit milik nasabah.

Sementara saat ini, proses pengembangan transakasi menggunakan QR code Bank Mandiri sedang menunggu izin dari Bank Indonesia (BI).

"Kita Januari akan launch Mandiri Pay, ini QR based payment dengan smartphone yang nanti link ke e-wallet, debit card dan credit card," ujar Kartika ketika memberi paparan kepada awak media di kantornya, Rabu (14/11/2018).

Lebih lanjut Kartika menjelaskan, instrumen pembayaran dengan QR code ini dapat digunakan untuk produk ritel dan transportasi.

Namun, dirinya tidak menutup kemungkinan metode pembayaran dengan QR code dapat digunakan untuk transaksi-transaksi bernilai lebih besar jika secara keamanan dan kecepatan proses transaksi semakin meningkat.

"QR ini kan memang nggak terlalu cepat ya, karena kan harus ada proses. Kami akan arahkan ke ritel seperti groceries dan payment untuk transportasi. Jadi small ticket item," ujar Kartika.

Menurunya, dalam satu hingga dua tahun ke depan metode pembayaran dalam jumlah transaksi besar masih akan lebih aman dan nyaman jika digunakan menggunakan kartu.

Adapun saat ini, Kartika menjelaskan, Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sedang melakukan kajian untuk standardisasi QR code. Asosiasi yang terdiri dari perbankan dan perusahaan switching (perusahaan penyedia jaringan yang bekerja sama dengan pihak perbankan) sedang membuat standar nasional QR code.

"Sama seperti EDC nanti QR harapannya ada standar nasional," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.