Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Masalah Teknis, Pesawat Wings Air ke Kolaka Kembali ke Bandara Asal

Kompas.com - 14/11/2018, 17:09 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat Wings Air dengan nomor registrasi PK-WFS sempat kembali ke bandara setelah lepas dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, menuju ke Bandar Udara Sangia Nibandera, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara pada Rabu (14/11/2018) pagi.

Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pesawat tersebut memutuskan kembali ke bandara karena ada permasalahan teknis.

"Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base), dikarenakan technical yang harus segera dilakukan pengecekan," ujar Danang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/11/2018).

Danang menambahkan, pesawat itu mengangkut 65 penumpang beserta dua pilot dan dua pramugari.

Baca juga: Wings Air Tambah Penerbangan dari Kupang ke Atambua

Menurut dia, keputusan return to base itu sudah sesuai standar opersional prosedur yang berlaku.

"Sebelum diterbangkan menuju Kolaka, pesawat telah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight)," kata Danang.

Danang menuturkan, pesawat sudah mendarat dengan sempurna pada 09.00 WITA di Bandar Udara Sultan Hasanuddin. Setibanya di Makassar, seluruh penumpang diarahkan dan dibawa menuju ruang tunggu terminal, guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

Pilot dan teknisi langsung berkoordinasi serta kerjasama untuk melakukan penanganan, pengecekan serta pemeriksaan pada pesawat.

"Wings Air telah menerbangkan kembali seluruh penumpang dengan nomor IW-1206D pukul 11.05 WITA menggunakan pesawat Wings Air lainnya yaitu ATR 72-500 registrasi PK-WGF. Pesawat sudah tiba di Kolaka pukul 12.10 WITA," ucap dia.

Saat ini, pesawat tersebut sudah kembali mengudara dari Kolaka menuju Makassar pukul 12.25 WITA dengan nomor penerbangan IW-1207. Pesawat telah mendarat pukul 13.16 WITA di Makassar.

Menurut Danang, Wings Air akan meminimalisir dampak yang timbul agar operasional Wings Air lainnya tidak terganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com