Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos BCA : BI Belum Perlu Naikkan Suku Bunga Acuan Bulan Ini

Kompas.com - 14/11/2018, 17:39 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) kembali menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 14-15 November 2018. Dalam RDG bulan lalu, bank sentral mempertahankan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate pada posisi 5,75 persen.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja mengatakan, bank sentral tidak perlu kembali menaikkan bunga acuan dalam RDG bulan ini.

“Bursa saat ini tenang, bahkan sempat menguat. Jadi, suku bunga belum perlu naik,” jelas Jahja di Menara BCA Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Menurut dia, justru yang perlu diantisipasi adalah rencana bank sentral AS Federal Reserve atau The Fed yang akan kembali menaikkan suku bunga acuannya pada Desember mendatang. Jika memang terjadi kenaikan suku bunga The Fed, maka BI pun perlu menyesuaikan.

“Kalau Desember (suku bunga acuan) The Fed naik, BI sebaiknya mengikuti untuk jaga kurs kita,” ucap Jahja.

Baca juga: BCA: Bunga Kredit Bisa Naik hingga 200 Bps pada 2019

Jika memang bank sentral mengikuti The Fed dengan menaikkan suku bunga, Jahja mengatakan, maka BCA pun akan memperimbangkan untuk menaikkan bunga deposito.

“Kalau kami rasakan perlu naik ya deposito kami naikkan. Kalau funding cukup, likuiditas masih banyak ya tidak perlu naik juga,” jelas dia.

Menurut Jahja, ketika BI telah menaikkan suku bunga acuan sebanyak 150 basis poin (bps), BCA juga turut menyesuaikan suku bunga deposito hingga 125 bps dan suku bunga kredit 50 bps.

Pihaknya juga masih mengantisipasi kenaikan suku bunga tahun depan.

Baca juga: Bos BCA Tekankan Pentingnya Jaga Inflasi di Tengah Pelemahan Rupiah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com