Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbanas: Sekarang Era "Two Speed Banking"

Kompas.com - 14/11/2018, 22:11 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, kehadiran fintech dan beberapa mitra teknologi lain menjadi tantangan bagi industri perbankan konvensional dalam beberapa tahun terakhir.

Perbankan pun harus berkompetisi dengan industri teknologi dengan transformasi yang begitu cepat dan secara bersamaan harus mengutamakan prinsip kehati-hatian dan kepatuhan pada regulasi dan pengelolaan risiko.

"Kalau kita lihat sekarang two speed banking. Speed pertama itu untuk melakukan pendalaman dan eksploitasi bisnis yang sekarang bisa kita lakukan. Bagaimana kita make profit business to business. Speed kedua bagaimana kita membuat organisasi yang agile untuk menyikapi perubahan ke depan. Ini hampir semua bank melakukan," ujar Direktur Utama Bank Mandiri ini di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Sementara Ketua steering committee Perbanas Tigor M Siahaan menambahkan, untuk menghadapi perubahan akibat revolusi teknologi harus holistik dan strategis serta melibatkan seluruh pemangku kepentingan dari sektor publik hingga swasta.

Baca juga: Polri Minta Perbankan Waspadai dan Kenali Kejahatan Dunia Maya

"Perbankan tengah mengidentifikasi cara-cara yang efektif untuk berevolusi dalam lingkungan yang semakin kompetitif,” ujar Presiden Direktur CIMB Niaga tersebut dalam kesempatan yang sama.

Perbanas sendiri  kembali mengadakan Indonesian Banking Expo (IBEX). Tema yang diusung dalam IBEX ke delapan kali ini adalah kesiapan dunia perbankan Indonesia dalam menghadapi transformasi industri 4.0 terutama dnegan semakin banyaknya alternatif financial technology (fintech).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com