Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkeu Ingin Jadikan Portal lelang.go.id Seperti e-Commerce

Kompas.com - 15/11/2018, 06:37 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah ingin menjadikan lelang menjadi sebuah industri di Indonesia. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menampilkan wajah baru portal lelang.go.id yang lebih enak dilihat.

Direktur Lelang DJKN Kementerian Keuangan Lukman Effendi mengatakan, dengan tampilan baru, situs tersebut juga lebih memudahkan calon peserta lelang memilih barang yang diinginkan.

DJKN ingin menjadikan lelang.go.id nantinya menjadi one stop service seperti e-commerce.

"Kita mau lelang suatu saat menjadi industri, mengikuti perkembangan market kayak e-commerce kita," ujar Lukman di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Kemudian, Kemenkeu juga ingin literasi masyarakat terhadap lelang lebih tinggi. Lelang tak lagi dianggap sebagai suatu mekanisme jual beli yang ribet dan birokratif, melainkan mudah dan sederhana.

Caranya dengan mengubah tampilan portal lelang.go.id menjadi lebih user friendly, dilengkapi foto dan keterangan yang lengkap.

"Kita ubah formatnya nanti seperti Lazadan dan lainnnya. Jadi begitu diklik, langsung terpapar apa yang dijual dengan foto-fotonya," kata Lukman.

Calon peserta lelang juga bisa dengan mudah mencari spesifik barang yang diinginkan dengan mengakses fitur pencarian. Misalnya, mencari rumah di sekitaran Depok atau kendaraan bermotor dengan kriteria tertentu.

"Tidak kalah lah dengan e-commerce itu.

Bedanya kalau mereka jual beli biasa, kalau lelang ada unsur kompetisinya," kata Lukman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com