BTN Lirik QR Code

Kompas.com - 15/11/2018, 22:11 WIB
Division Head of IT and Operations PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) Bimo H. Purbo di IDC Indonesian Bussiness Forum 2018 Jakarta, Kamis (15/11/2018) KOMPAS.com/Putri Syifa NurfadilahDivision Head of IT and Operations PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) Bimo H. Purbo di IDC Indonesian Bussiness Forum 2018 Jakarta, Kamis (15/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya penggunaan transaksi perbankan secara digital, membuat industri ini berlomba-lomba berinovasi soal produk digitalnya, yang terbaru adalah penggunaan QR Code.

Division Head of IT and Operations PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) Bimo H. Purbo mengatakan, pihaknya kini sedang mengurus perizinan ke Bank Indonesia (BI) terkait lisensi kepemilikan QR Code.

"Ada dua hal, pertama BTN sedang mengurus perizinan di BI soal punya QR Code untuk acquiring transaksi," ujar Bimo kepada Kompas.com saat IDC Indonesian Bussiness Forum 2018 di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Selain sedang memproses pendaftaran untuk kepemilikan QR Code ini, menurut Bimo, pihaknya sedang bekerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) perihal QR Code ini.

Baca juga: Regulasi Segera Terbit, QR Code Terstandar Mulai Diuji Coba

"Kedua, kita juga kerja sama dengan bank-bank Himbara lain untuk kita bisa kolaborasi untuk QR Code," ucap dia.

Ketika dikonfirmasi soal kabar QR Code universal, Bimo belum bisa menceritakan lebih jauh. Selain itu, perihal akan digunakan untuk transaksi apa di BTN nantinya pun, Bimo enggan membocorkan.

"Yang jelas BI punya inisiatif ke sana, masih dibicarakan," tutur dia.

Dia juga menjelaskan, adanya teknologi QR Code ini perlu banyak persiapan dan ada beberapa mekanisme yang mesti dimatangkan. Namun, Bimo berharap 2019 sudah bisa dikenalkan kepada masyrakat.

Sementara itu, mengutip dari Kontan.co.id,  BTN mengatakan biaya implementasi produk QR Code mencapai Rp 2 miliar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X