Investasi Reksa Dana Bukan Berarti Untung Cepat

Kompas.com - 17/11/2018, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memulai investasi di reksa dana bagaimana caranya? Apa saja yang harus dipertimbangkan?

Kerap kali pertanyaan tersebut muncul di benak mereka yang tertarik namun ragu untuk memulai menabung di reksa dana. Pasalnya, instrumen untuk investasi reksa dana begitu banyak, begitu pula dengan jenis reksa dananya.

Head of Wealth Management and Retail Digital Business Bank Commonwealth Ivan Jaya menjelaskan, untuk investor yang akan memulai investasi khususnya di reksa dana sebaiknya melakukan penilaian terhadap profil risiko pribadi. Terutama, dengan kondisi pasar yang sangat dinamis seperti saat ini.

"Hal tersebut diperlukan untuk mengetahui sejauh mana seorang investor dapat menerima risiko berinvestasi di reksa dana, terutama dengan kondisi yang dinamis," jelas Ivan kepada Kompas.com, Jumat (16/11/2018).

Selanjutnya, calon investor perlu untuk menentukan tujuan investasinya, sehingga dapat menyesuaikan dengan jenis reksa dana yang dibutuhkan. Untuk investasi jangka pendek, disarankan menggunakan reksa dana pasar uang dengan risiko yang lebih kecil. Sementara untuk investasi jangka panjang, disarankan menggunakan reksa dana pasar saham.

Namun, investor juga perlu memahami kondisi pasar untuk dapat mengukur risiko dari investasi yang dilakukan.

Ivan menegaskan, investasi perlu dilakukan secara reguler, seusai dengan tujuan keuangan dan profil risiko, berbeda dengan trading.

"Jangan berpikir untuk mendapatkan keuntungan cepat dalam investasi reksadana," tegas Ivan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.