Cara Berkomunikasi Ini Membuat Anda Gampang Raih Sukses - Kompas.com

Cara Berkomunikasi Ini Membuat Anda Gampang Raih Sukses

Kompas.com - 18/11/2018, 09:00 WIB
Ilustrasi diskusiTop Photo Group Ilustrasi diskusi

KOMPAS.com - Membangun komunikasi tidak hanya sekadar bicara saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar komunikasi berjalan baik dan lancar.

Saat sedang berkomunikasi, kita sering kehabisan kata-kata. Hal ini sebisa mungkin harus dihindari, terutama jika sedang berada dalam forum bisnis. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun komunikasi yang baik. Tetapi tidak semua orang mengetahuinya.

Selagi belum terlambat, manfaatkan waktu yang dimiliki untuk melatih komunikasi menjadi lebih baik lagi dan mudah meraih sukses dengan tips-tips berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Mendengarkan Lawan Bicara

Dalam suatu forum, semua orang akan berbicara, tetapi tidak semua orang mendengarkan lawan bicaranya. Hal ini dapat menyakiti perasaan yang sedang berbicara dan dapat pula menimbulkan pertengkaran. Bayangkan saja jika Anda sedang berbicara dan tidak ada satu pun yang mendengar, bagaimana rasanya?

Setiap orang perlu didengarkan. Jadilah seorang pendengar yang baik agar Anda mampu menanggapi lawan bicara. Hal sebaliknya juga akan terjadi ketika Anda sedang berbicara, di mana orang lain akan mendengarkan dan meresponsnya dengan baik.

2. Terlibat dalam Komunitas

Jika ingin mendapat informasi baru seputar dunia bisnis, usahakan terlibat dalam sebuah komunitas. Anda dan rekan bisnis dapat saling sharing mengenai pengalaman berbisnis, mulai dari cara bersaing secara sehat, meningkatkan kualitas produk, hingga cara memperluas pemasaran.

Selain menambah relasi, komunitas dapat mengasah keterampilan Anda dalam berbisnis. Istilahnya dari yang tidak tahu menjadi tahu. Jika memungkinkan, Anda dapat menjalin hubungan bisnis yang erat dengan sesama rekan bisnis apabila sudah mengenal satu sama lain dengan baik.

3. Mengerti Apa yang Dibicarakan

Sebelum terlibat dalam komunikasi, Anda harus mengetahui topik yang sedang dibicarakan agar jawaban yang dilempar dalam forum nyambung. Kalau Anda kurang paham mengenai topik yang dibicarakan, jangan menyela atau tidak memerhatikan. Sebaiknya dengarkan saja hingga topik selesai dibicarakan.

Setelah itu, Anda dapat membuka topik baru agar komunikasi tidak diam begitu saja. Pilih topik yang sifatnya umum agar lawan bicara dapat memahami topik dengan baik dan antusias untuk memberikan opini dalam forum.

4. Hindari Memotong Pembicaraan

Ketika topik yang dibahas begitu menarik, tetap perhatikan waktu yang tepat untuk menyambung pembicaraan. Jangan sekali-sekali memotong pembicaraan orang lain karena kesannya tidak sopan.

Dengarkan lah sampai orang tersebut selesai berbicara. Kalaupun ingin memotong pembicaraan, usahakan mengacung jari terlebih dahulu. Jika diperkenankan berbicara, barulah berbicara.

Selalu perhatikan posisi Anda dalam suatu forum pembicaraan. Tunjuk kan sikap profesionalitas agar orang lain merasa segan kepada Anda.

Baca Juga: Saat Gaji Istri Lebih Besar dari Suami, Ini yang Harus Dilakukan

5. Meningkatkan Rasa Ingin Tahu

Agar topik yang dibicarakan semakin menarik untuk dibahas, tingkatkan rasa ingin tahu. Jangan hanya diam dan mendengar. Sebagai peserta dalam forum, Anda harus memberikan feedback atau umpan balik terhadap apa yang dibicarakan.

Jika Anda kurang paham mengenai hal yang sedang dibicarakan atau kurang puas mengenai penjelasan lawan bicara, jangan malu untuk bertanya dan memperjelasnya.

Setiap kata yang disampaikan dalam forum harus dicerna dengan baik untuk menghindari adanya salah paham saat suatu informasi diaplikasikan dalam bisnis.

6. Memerhatikan Intonasi dan Gaya Bahasa

Tampil natural saat berbicara di depan forum sangat baik, tetapi perhatikan intonasi bicara yang digunakan. Usahakan nada saat berbicara tetap sama, tidak meninggi atau merendah secara mendadak agar lawan bicara merasa nyaman dalam suatu forum.

Selain intonasi, perhatikan pula gaya bahasa yang digunakan. Gunakan bahasa yang terstruktur, formal dan mudah dipahami oleh semua orang. Jika ingin terlihat meyakinkan, gunakan ekspresi yang sesuai agar lawan bicara dapat memahami maksud perkataan Anda.

7. Memberikan Kritik dan Saran

Pembentukan forum pembicaraan bukan hanya untuk bertukar informasi saja, tetapi juga untuk memberi kritik dan saran kepada lawan bicara. Kritik dan saran merupakan feedback lawan bicara terhadap apa yang Anda sampaikan. Anggaplah ini sebagai suatu penilaian positif untuk membangun diri Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Jauhkan sifat mudah tersinggung jika Anda dikritik oleh orang lain. Pada dasarnya Anda juga dapat memberi kritik dan saran balik kepada lawan bicara agar mereka juga dapat berubah dan menjadi lebih baik pada forum pembicaraan berikutnya.

Menyisipkan Lelucon saat Berkomunikasi Itu Penting

Apabila topik yang sedang dibahas cukup serius, tidak ada salahnya untuk menyisipkan lelucon agar suasana tidak terlalu kaku. Tetapi perhatikan lelucon seperti apa yang harus diberikan agar suasana di dalam forum tetap kondusif.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com



Close Ads X